PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SD NEGERI KARANGWULUH KUTOARJO PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya tingkat motivasi belajar dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas IV SD Negeri Karangwuluh, Kutoarjo Purworejo dengan menggunakan metode The Power Of Two.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Subyek dan objek yang diteliti adalah seluruh siswa-siswi kelas IV SD Negeri Karangwuluh Kutoarjo Purworejo, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Model PTK yang digunakan adalah model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode The Power Of Two selama pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Hal ini dibuktikan dari hasil perolehan observasi motivasi belajar siswa, yaitu pada kegiatan pra siklus 21.5% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 41% menjadi 77% di siklus II. Kemudian mengalami peningkatan juga pada hasil belajar yaitu pra siklus mencapai 40%, siklus I sebesar 55%, menjadi 85% pada siklus II.