STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH RADIO STREAMING
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan Strategi Komunikasi Dakwah Radio Streaming (Studi Kasus : Radio Muhammadiyah). Latar belakang penelitian ini dikarenakan hadirnya media baru yang disebut dengan media internet sehingga hal ini menjadi peluang bagi lembaga dakwah untuk memperluas wilayah dakwah Islam, salah satu lembaga dakwah yang besar yang menggunakan media internet sebagai sarana dakwah yakni Radio Muhammadiyah dengan sistem streaming, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui strategi komunikasi dakwah radio streaming yang digunakan oleh Radio Muhammadiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi, mengetahui program dakwah, seta faktor pendukung dan penghambat siaran Radio Muhammdiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis dekskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan : Pertama, strategi komunikasi melalui faktor mengenal sasaran komuikasi, menyusun pesan, menetapkan metode, mengenal peranan komunikator, dan pemilihan media komunikasi dengan memanfaatkan jaringan internet sebagai media streaming. Kedua, program-program yang disiarkan RadioMuhammadiyah semuanya merupakan konten dakwah yaitu, kajian keislaman, informasi Islami, dan diskusi terkait isu-isu terkini. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat siaran di RadioMuhammadiyah dapat diklarifikasi menjadi dua jenis, yaitu dari segi sumber daya manusia dan segi teknis.