PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2014)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh leverage, ukuran perusahaan, dan Investment Opportunity Set (IOS) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2014 dan dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Analisis pengujian data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dilakukan dengan metode regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage (DER) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV), ukuran perusahaan (Log Sales), Investment Opportunity Set (IOS), dan profitabilitas (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Leverage (DER) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan (Log Sales) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA), Investment Opportunity Set (IOS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Leverage (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) melalui profitabilitas (ROA) sebagai variabel intervening, ukuran perusahaan (Log Sales) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV) melalui profitabilitas (ROA) sebagai variabel intervening, Investment Opportunity Set (IOS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) melalui profitabilitas (ROA) sebagai variabel intervening.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)
HUDA, ZAKI NURUL (FAKULTAS EKONOMI UNIIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-03-16)Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah ... -
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN : PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM MOST TRUSTED INDONESIA ”
KAMALUDDIN, IQBAL (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-03-29)This research aims to test the influence of good corporate governance, firm size, profitability, and leverage against the firm value. The object in this research is the manufacturing companies listed on most rusted Indonesia ... -
PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN UTANG PERUSAHAAN (STUDIPADA PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI DAN PERUSAHAAN DASARDAN KIMIA YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2010-2014)
FITRIA, AINI (FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016-10)This study aims to test empirically the effect of Managerial Ownership, Institutional Ownership, Dividend Policy, Profitability and Size of the Company toward Debt Policy on Costumer Goods Companies and Chemical and Basic ...