View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Pharmacy
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Pharmacy
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PENGARUH IKLAN OBAT DI TELEVISI TERHADAP SWAMEDIKASI FLU (COMMON COLD) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI NON KESEHATAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (329.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (767.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (464.1Kb)
      ABSTRACT (438.2Kb)
      COVER (716.3Kb)
      BAB II (675.0Kb)
      BAB III (1010.Kb)
      BAB IV (1018.Kb)
      BAB V (481.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (446.8Kb)
      LAMPIRAN (1.130Mb)
      Date
      2017-06-16
      Author
      KUSUMAWATI, TRI LUSI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tingginya prevalensi flu (common cold) dan tersedianya obat dipasaran dengan mudah serta harga yang relatif terjangkau menjadikan salah satu pendorong tindakan swamedikasi flu oleh masyarakat. Selain itu, kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat mudah dalam mendapatkan informasi, salah satunya iklan obat di televisi yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam pemilihan obat yang digunakan dalam tindakan swamedikasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh iklan obat di televisi terhadap tingkat pengetahuan swamedikasi flu dan tindakan swamedikasi flu pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) program studi non kesehatan. Metode penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif observasional dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Kampus Terpadu UMY. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan simple random sampling dan didapatkan jumlah responden sebanyak 81 orang. Data yang dikumpulkan berasal dari data kuesioner, yang diisi oleh responden didampingi oleh peneliti. Analisis data secara deskriptif dilakukan dengan uji chi square dan fisher exact test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh iklan obat di televisi terhadap tingkat pengetahuan swamedikasi flu memiliki nilai signifikan p yaitu 0,529 dan pengaruh iklan obat di televisi terhadap tindakan swamedikasi flu memiliki nilai signifikan p yaitu 0,296. Kesimpulan yang didapat yaitu iklan obat di televisi tidak mempunyai pengaruh terhadap tingkat pengetahuan swamedikasi flu dan tindakan swamedikasi flu pada mahasiswa program studi non kesehatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12547
      Collections
      • Department of Pharmacy

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV