CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: TINJAUAN STRATEGIS DARI SUDUT PANDANG INTERNAL STAKEHOLDERS
Abstract
Konsep tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility)
dewasa ini semakin memperoleh perhatian oleh kalangan praktisi atau
pemimpin oganisasi dan akademisi. Dalam dalam konteks lingkungan bisnis
yang tidak stabil saat ini, konsep Corporate Social Responsibility menjadi
insight agenda bagi setiap pemimpin bisnis dalam upaya membangun
kelangsungan hidup jangka panjang.
Design/metodologi/pendekatan – tulisan ini merupakan review kritis berbasis
studi empiris dengan menggunakan hasil studi sebelumnya, dengan
menggunakan analisis berdasar perspektif strategis pentingnya program
corporate social responsibility (CSR) bagi organisasi.
Finding - Program CSR harus dipandang sebagai strategi bisnis dalam
kaitannya dengan upaya menciptakan iklim etis organisasi yang mampu
menggerakkan persepsi dan perilaku poistif karyawan sebagai aset organisasi
yang valuabe. Dalam praktinya, program CSR dipengaruhi oleh faktor
organisasional seperti kepemimipinan, budaya, dan kemampuan organisasi.
Berhasinya program CSR dapat mendorong daya saing dan keberlangsungan
bisnis melalui terbangunnya iklim etis yang mendorong kinerja, kepuasan dan
komitmen karyawan.
Originality/value – tulisan ini memberikan insight pentingnya organisasi
menempatkan program CSR sebagai bagian strategi bisnis dalam mendukung
daya saing berkelanjutan