STRATEGI INDUSTRI FURNITURE INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PASAR DI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) TAHUN 2015
Abstract
Berakhirnya dominasi pasar furniture di Jepara merupakan salah satu sejarah buruk
bagi kota tersebut, dikarenakan Jepara merupakan kota penghasil furniture terbaik selama
puluhan tahun. Menurunnya pasar di Jepara dikarenakan sudah minimnya kepercayaan para
investor asing terhadap para pelaku usaha. Hal inilah yang menjadi kesempatan emas bagi
para pelaku usaha furniture di Yogyakarta, yakni PT.Almi Furniture. Dengan didukung oleh
sumber daya alam Yogyakarta serta ragam motif budaya daerah membuat PT.Almi Furniture
dan para pelaku usaha lain akhirnya dapat meningkatkan pasar furniture terutama di bidang
ekspor luar negeri dan mendapat peringkat terbaik se-Indonesia. Untuk menjabarkan
bagaimana proses dan strategi-strategi yang dilakukan dalam menangkap peluang itu, penulis
akan mencoba menjawab penelitian ini melalui Teori Keunggulan Kompetitif oleh Michael
Porter dan Teori Aliansi Strategis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data
sekunder dan metode penelitian kualitatif.