Browsing Department of Civil Engineering by Title
Now showing items 745-764 of 932
-
PERBANDINGAN NILAI FREKUENSI ALAMI PADA BATANG SILINDER PEJAL DENGAN METODE ANALITIK DAN NUMERIK DENGAN SOFTWARE ABAQUS 6.11
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2015)Hasil penelitian di dapatkan bahwa setiap penambahan gaya aksial tarik menyebabkan peningkatan frekuensi alami, sebaliknya penambahna gay aksial tekan menyebvabkan penurunan frekuensi alami. -
PERBANDINGAN NILAI MODULUS ELASTISITAS PADA MODIFIKASI LAPISAN BALAS DENGAN CAMPURAN KARET BEKAS DAN ASPAL
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-05-16)Current modes of railroad-based transportation in Indonesia are beginning to experience rapid development. However, problem related to the service life and maintenance costs for conventional rail track become important ... -
PERBANDINGAN PARAMETER HASIL UJI MARSHALL ASPHALT CONCRETE BASE (AC-BASE) CAMPURAN MATERIAL BATU ROUNDED BERDASARKAN SPESIFIKASI BINA MARGA 2010-REV 2
(FT UMY, 2014-09-01)Salah satu jenis dari aspal beton campuran panas yang digunakan adalam perkerasaan jalan adalah campuran Asphalt Concrete Base (AC-BASE) dimana campuran AC-BASE adalah lapis pondasi atas yang terletak di bawah lapis permukaan ... -
PERBANDINGAN PERENCANAAN STRUKTUR TAHAN GEMPA BERDASARKAN SNI 03-1726-2002 DAN SNI 1726:2012 Studi kasus : Apartemen Malioboro City , Yogyakarta DISUSUN OLEH : ACHMAD HAMBALI 20120110106 JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2016
(FT UMY, 2016-08-29)Beberapa tahun ini, Indonesia sering terjadi bencana alam terutama gempa. Hal ini terjadi karena Indonesia berada di kawasan Pasific Ring Of Fire yang merupakan jalur rangkaian berapi aktif di dunia. Yogyakarta merupakan ... -
PERBANDINGAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KOMPONEN SKBI 1987 DENGAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2013 DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA SERTA PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA DAN TIME SCHEDULE (Studi kasus pada ruas Jalan Sentolo- Pengasih-Waduk Sermo Sta. 8 + 500 sampai Sta. 10 + 500 , Kulon Progo , Yogyakarta)
(FT UMY, 2014-08-25)alan raya merupakan sarana infrastuktur penting dalam mendukung perkembangan ekonomi di suatu daerah. Kualitas yang baik sangat diutamakan demi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Perencanaan jalan raya terdiri dari ... -
PERBANDINGAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KOMPONEN SKBI 1987 DENGAN MANUAL PERKERASAN JALAN 2013 DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA SERTA PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA DAN TIME SCHEDULE (Studi kasus pada ruas Jalan Karangmojo - Semin Sta. 0 + 000 sampai Sta. 4 + 050 , Gunungkidul, Yogyakarta)
(FT UMY, 2014-08-25)Jalan raya merupakan sarana infrastuktur penting dalam mendukung perkembangan ekonomi di suatu daerah. Kualitas yang baik sangat diutamakan demi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Perencanaan jalan raya terdiri ... -
PERBANDINGAN WAKTU METODE ERECTION GIRDER MENGGUNAKAN CRAWLER CRANE DAN LAUNCHER GIRDER PADA JEMBATAN BENTANG PANJANG
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-05-16)Trans Java Highway is a highway network that connects cities in Java island. This highway connects the two biggest cities in Indonesia, namely Jakarta and Surabaya. Approximately 1,000 kilometers in length, it continues ... -
PERBANDINGAN WAKTU PELAKSANAAN METODE TOP-DOWN DAN BOTTOM-UP PADA PROYEK PEMBANGUNAN BASEMENT GEDUNG BERTINGKAT TINGGI
(FT UMY, 2019)Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan perekonomian di Indonesia, pembangunan gedung bertingkat banyak dilakukan guna memenuhi kebutuhan akan tersedianya sarana penunjang. Namun, ketersediaan lahan di kotakota besar ... -
PERCEPATAN JADWAL MENGGUNAKAN SISTEM LEMBUR DENGAN PRECEDENCE DIAGRAMMING METHOD (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN BENDUNGAN PIDEKSO YANG TERLETAK DI KABUPATEN WONOGIRI PROVINSI JAWA TENGAH)
(FT UMY, 2020)In a construction project, time, cost, and quality are important things that must be considered so that delays in the project have a small percentage. The purpose of this study is to obtain the results of the analysis ... -
PERCEPATAN PROYEK JEMBATAN MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA DAN JUMLAH ALAT PADA PROYEK JEMBATAN TALILO CS
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-22)The success of a construction project is influenced by two important factors, duration of completion of the project briefly and at a minimal cost but do not eliminate the quality element of the work that will be generated ... -
PERENCANAAN BETON MUTU TINGGI UNTUK PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) DENGAN BAHAN TAMBAH PLASTOCRETE RT 06 DAN SIKAMENT NN VARIASI 0%, 0,5% DAN 1%
(FT UMY, 2017-06-16)Salah satu cara untuk meningkatkan kuat tekan beton adalah meningkatkan pemadatannya, yaitu meminimumkan pori atau rongga yang terbentuk didalam beton. Penggunaan bahan tambah (admixture) dapat membantu memecahkan permasalahan ... -
PERENCANAAN JALUR SEPEDA DALAM PENERAPAN SISTEM TRANSPORTASI BERKELANJUTAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-15)Daily activities, we cannot be separated from transportation as a mode of transfer from one place to another. But a lot of the impact of transportation is happening in our environment. Starting from congestion that can ... -
PERENCANAAN SAMBUNGAN PADA PERKUATAN STRUKTUR JEMBATAN KERETA API BENTANG 42 METER
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-15)Bridge become one of the important facility for transportation, bridge can connect area with difficult terrain such as valley, river, sea, and etc. We know that, the quality of bridge would be decrease as caused by the ... -
PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG 5 LANTAI PADA WILAYAH GEMPA 5 MENGGUNAKAN SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN KHUSUS (SRPMK) BERDASARKAN SNI 03-2847-2002 DAN SNI 03-1726-2002
(FT UMY, 2012-07-19)Indonesia merupakan negara yang rawan akan gempa. Terutama daerah Papua yang masuk wilayah gempa 5 , pembangunan gedung-gedung bertingkat di wilayah tersebut hendaknya memperlihatkan faktor perencanaan yang matang. Sehingga ... -
PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH (OVERLAY) BERDASARKAN METODE LENDUTAN BALIK
(FT UMY, 2017-09-22) -
PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR ( OVERLAY ) DENGAN METODE LENDUTAN BALIK
(FAKULTAS TEKNIK UMY, 2017-08-21)Jalan merupakan sarana transpotasi utama yang menghubungkan antar kota atau antar daerah. Dengan seiring waktu berjalan tingkat pelayanan jalan akan menurun. Hal ini disebabkan meningkatnya pertumbuhan lalu lintas yang ... -
PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR (OVERLAY) DENGAN ALAT BENKELMAN BEAM
(FT UMY, 2017-10)Pertumbuhan transportasi dari tahun ke tahun semakin meningkat sehingga berimbas kepada perkerasan jalan yang menjadi rusak akibat terus menerus mendapatkan beban. Selain gencar melakukan pembangunan, pemerintah juga ... -
PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR (OVERLAY) DENGAN METODE LENDUTAN BALIK MENGGUNAKAN ALAT BENKELMAN BEAM
(FT UMY, 2017-07)Ruas Jalan Klangon-Tempel, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta merupakan jalan provinsi yang merupakan bukan jalur utama di Kabupaten sleman, frekuensi kendaraan yang lewat juga tidak begitu tinggi, tetapi ... -
PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR (OVERLAY) METODE LENDUTAN BALIK MENGGUNAKAN ALAT BENKELMAN BEAM (STUDI KASUS: RUAS JALAN AGRODADI, SEDAYU, KAB.BANTUL,DIY)
(FT UMY, 2019)Evaluasi pada perkerasan ruas Jalan Agrodadi, sedayu, Kabupaten Bantul dilakukan mengingat aktivitas lalu lintas pada ruas jalan tersebut semakin meningkat akibat pertumbuhan aktivitas lalu lintas masyarakat sekitar yang ... -
PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE LENDUTAN BALIK MENGGUNAKAN ALAT BENKELMAN BEAM
(FT UMY, 2017-06-15)Jalan sebagai akses penghubung transportasi memiliki peran penting diantaranya untuk menghubungkan darat dengan laut, darat dengan udara maupun darat dengan darat untuk mendistribusikan barang dan jasa. Adanya akses jalan ...