Show simple item record

dc.contributor.authorMORLINA, JUNY MONA
dc.date.accessioned2018-08-10T02:07:44Z
dc.date.available2018-08-10T02:07:44Z
dc.date.issued2018-05-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20402
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan konsep diri, kecenderungan gaya belajar dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Pleret. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa, pengaruh antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa, serta pengaruh antara konsep diri dan gaya belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Pleret. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis dekriptif dan pengujian hipotesis menggunakan regresi berganda (uji-t dan uji-F). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Konsep diri siswa SMP Muhammadiyah Pleret cenderung positif yaitu sebesar 58% dari jumlah responden atau berjumlah 44 siswa memiliki konsep diri yang positif. (2) Siswa SMP Muhammadiyah Pleret cenderung bergaya belajar audiotorial yaitu sebesar 40% dari jumlah responden atau berjumlah 30 siswa bergaya belajar audiotorial. (3) Prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Pleret adalah cenderung sedang yaitu sebesar 55% dari jumlah responden atau sejumlah 42 siswa memiliki prestasi belajar yang sedang. (4) Besarnya sig pada variabel konsep diri adalah sebesar 0,000 dan thitung pada variabel konsep diri adalah sebesar 7,679 dengan begitu dapat dilihat bahwa sig < 0,05 dan thitung > ttabel. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Pleret. (5) Besarnya sig pada variabel gaya belajar adalah sebesar 0,000 dan thitung pada variabel gaya belajar adalah sebesar 4,416 dengan begitu dapat dilihat bahwa sig < 0,05 dan thitung > ttabel. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Pleret. (6) Besarnya sig adalah sebesar 0,000 dan Fhitung adalah sebesar 43.895 dengan begitu dapat dilihat bahwa sig < 0,05 dan Fhitung > Ftabel. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan gaya belajar terhadap prestasi belajar. Dengan sumbangan koefisien determinasi sebesar 47,5%. Yang artinya terdapat 52,5% faktor lainnya yang mempengaruhi prestasi belajar.en_US
dc.description.abstractThe research aimed at finding out the self- concept and learning style tendencies and at discovering the learning achievement of SMP Muhammadiyah Pleret students. Besides, this research also aimed at proving whether or not there were influence between self- concept and student learning achievement, influence between learning style and student learning achievement, and influence between self- concept and learning style and learning achievement of SMP Muhammadiyah Pleret students. The research used quantitative method with descriptive quantitative approach. The sampling technique used was simple random sampling. The data collecting techniques used were questionnaire and documentation. The data were then analyzed by using descriptive analysis and the hypothesis test used double regression (t-test and F-test). The result of the research was as follows: (1) The self- concept of SMP Muhammadiyah Pleret students tended to be positive, i.e. 58% of the respondent number or 44 students had positive self- concept. (2) SMP Muhammadiyah Pleret students tended to have auditory learning style i.e. 40% of the respondent number or 30 students had auditory learning style. (3) The learning achievement of SMP Muhammadiyah Pleret students tended to be average, i.e. 55% of the respondent number or 42 students average learning achievement. (4) The sig value of self- concept variable was 0.000 and tcount of self- concept variable was 7.679. So, it could be seen that sig < 0.05 and tcount > ttable. Thus, it could be concluded that there was a significant influence between the self- concept and the learning achievement of SMP Muhammadiyah Pleret students. (5) The sig value of learning style variable was 0.000 and tcount of learning style variable was 4.416. So, it could be seen that sig < 0.05 and tcount > ttable. Thus, it could be concluded that there was a significant value between the learning style and the learning achievement of SMP Muhammadiyah Pleret students. (6) The sig value was 0.000 and Fcount was 43.895. So, it could be seen that sig < 0.05 and Fcount > Ftable. Thus, it could be concluded that there was a significant value between self- concept and learning style towards learning achievement with the contribution of determination coefficient of 47.5%. It meant that there was 52.5% of other factors that influenced the learning achievement.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKonsep Diri, Gaya Belajar, dan Prestasi Belajaren_US
dc.titlePENGARUH KONSEP DIRI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLERET SKRIPSI Oleh: Juny Mona Morlina NPM: 20140720209 FAKULTAS AGAMAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 192en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record