Department of Japanese Education: Recent submissions
Now showing items 101-117 of 117
-
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN APLIKASI N4 KANJI QUIZ PADA SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KANJI DASAR N4
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-07-21)Kanji jika dibandingkan dengan huruf lainnya memiliki keunikan tersendiri. Keunikan ini terdiri dari bentuknya, jumlah coretan, cara baca yang terdiri dari cara baca Tiongkok (onyomi) dan cara baca Jepang (kunyomi). Hal ... -
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU ILUSTRASI TERHADAP PENGUASAAN PEMBELAJARAN POLA KALIMAT DASAR BAHASA JEPANG
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05-12)Saat ini siswa tingkat SMP sudah mulai tertarik belajar bahasa Jepang, salah satu sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran bahasa Jepang adalah SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pada tingkat SMP ditemukan kendala tentang ... -
ANALISIS KONTRASTIF VERBA ATAERU, AGERU DAN YARU DALAM BAHASA JEPANG DENGAN VERBA MEMBERI DALAM BAHASA INDONESIA
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05-13)Salah satu aspek penting yang perlu dipelajari dalam bahasa adalah makna. Pada bahasa Jepang terdapat kosakata yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang menjadi lebih dari satu. Sebagai contoh, verba memberi dalam ... -
ANALISIS MAKNA ADVERBIA ZENZEN, MATTAKU DAN KESSHITE DALAM KALIMAT BAHASA JEPANG
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05-13)Penelitian ini berjudul Analisis Makna Adverbia Zenzen, Mattaku dan Kesshite dalam Kalimat Bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian semantik yang membahas mengenai makna adverbia zenzen, mattaku dan kesshite. ... -
ANALISIS PRAGMATIK JUJU HYŌGEN DALAM BAHASA JEPANG
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05-13)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk juju hyōgen apa saja yang dituturkan oleh nenpai no kata dan wakamono serta perbedaanya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada pembelajar bahasa ... -
ANALISIS STRATEGI IRAI HYOUGEN PEMBELAJAR BAHASA JEPANG
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05-12)Penelitian ini berfokus pada analisis strategi irai hyougen yang digunakan oleh pembelajar bahasa Jepang. Selain itu penelitian itu juga berfokus pada alasan pemilihan ungkapan irai hyougen yang digunakan oleh pembelajar ... -
ANALISIS SINONIM VERBA BIKKURI SURU DAN ODOROKU PADA KALIMAT BAHASA JEPANG
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05)Penelitian ini berjudul Analisis Sinonim Verba Bikkuri Suru dan Odoroku Pada Kalimat Bahasa Jepang. Fokus utama penelitian ini adalah makna kata verba bikkuri suru dan odoroku dalam kalimat bahasa Jepang. Kedua verba ... -
PENERAPAN PROJECT WORK DALAM PEMBELAJARAN KAIWA
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017)Penelitian ini menganalisis penggunaan Project Work dalam pembelajaran Jitsuyou Kaiwa untuk mengembangkan keterampilan bahasa, motivasi dan keaktifan mahasiswa. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap mahasiswa Universitas ... -
KEEFEKTIFAN METODE JIGSAW UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017)Kosakata atau dalam bahasa Jepang disebut dengan Goi memiliki jumlah yang sangat banyak. Metode pembelajaran juga memengaruhi pembelajar terhadap pemahaman kosakata tersebut. Hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti ... -
KORELASI KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KAIWA NYUMON
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar, hasil belajar Kaiwa Nyumon, dan korelasi antara kesiapan belajar dengan hasil belajar Kaiwa Nyumon pada mahasiswa tingkat I Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang ... -
KEEFEKTIFAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-07)Kurangnya penguasaan kosakata dikalangan siswa merupakan suatu hambatan untuk bisa berbahasa Jepang dengan baik. Media berperan penting untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Pemilihan media yang baik menjadi ... -
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN ICON DALAM PENGUASAAN PARTIKEL DE PADA KALIMAT BAHASA JEPANG
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05-13)Pada pembelajaran bahasa Jepang, guru harus mampu mencari strategi pembelajaran yang tepat agar siswa dengan mudah memahami apa yang dipelajari. Oleh karena itu, penggunaan media untuk pembelajaran juga diperlukan. Pada ... -
ANALISIS KESALAHAN PELAFALAN KONSONAN んPADA MAHASISWA TINGKAT I KELAS A ANGKATAN 2015 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016-08-01)Pelafalan bahasa Jepang berbeda dengan pelafalan bahasa Indonesia sehingga banyak pembelajar bahasa Jepang yang masih kesulitan dalam melafalkan bunyi dalam bahasa Jepang terutama pada pelafalan ん (N). Meskipun kesalahan ... -
EFEKTIVITAS PERMAINAN BURSA KATA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PBJ UMY SEMESTER 2 KELAS A ANGKATAN 2015
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016)Ada banyak hal yang menyebabkan sulitnya belajar bahasa Jepang, salah satunya yaitu penguasaan kosakata bahasa Jepang. Berdasarkan pengalaman peneliti serta hasil wawancara dengan 10 mahasiswa Program Studi Pendidikan ... -
ANALISIS KESALAHAN PENULISAN GAIRAIGO PADA PEMBELAJAR BAHASA JEPANG STUDI DESKRIPTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TINGKAT III TAHUN AJARAN 2013/2014
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016)Gairaigo merupakan kosakata yang istimewa, meskipun berasal dari bahasa Inggris tetapi dalam pemakaiannya harus sesuai dengan aturan-aturan yang ada di dalam bahasa Jepang termasuk tatacara pengucapan dan penulisannya. ... -
ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BENTUK –TE IKU DAN –TE KURU MAKNA PERGERAKAN (DOUSA)
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016)Pada berbagai macam situasi, bahasa dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan gagasan pembicara kepada pendengar atau penulis kepada pembaca (Sugihastuti, 2016:3). Penyampaian gagasan harus tepat, sehingga gagasan dapat ... -
ANALISIS KESALAHAN PENULISAN HURUF KATAKANA DAN HIRAGANA DALAM TEKS SAKUBUN
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016)Huruf katakana dan hiragana merupakan huruf pertama kali dipelajari sebelum mengenal huruf kanji. Penulisan huruf katakana dan hiragana merupakan poin terpenting dalam teks sakubun dikarenakan apabila terjadi kesalahan ...