Show simple item record

dc.contributor.authorNURLAELI, NURLAELI
dc.date.accessioned2018-10-20T02:08:56Z
dc.date.available2018-10-20T02:08:56Z
dc.date.issued2018-08-03
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22373
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitan penggunaan media Permainan Karf (Kartu Shorof) dalam pembelajaran Ilmu Shorof terhadap mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta semester 4 tahun ajaran 2017/2018, bagaimana penerapannya, sistem permainannya serta kelebihan dan kekurangan penggunaan media tersebut. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain penelitian one group - pre test post test design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media Permainan Karf (Kartu Shorof) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pembelajaran Ilmu Shorof dalam hal hasilnya. Populasi penelitian berjumlah 35 mahasiswa, sementara sampel penelitian berjumlah 17 mahasiswa dari populasi penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara non-terarah, tes dan dokumentasi. Teknik sampling penelitian ini adalah purposive sampling, pengambilan sampel penelitian berdasarkan kriteria yang dibutuhkan peneliti. Instrumen penelitian ini adalah lembar kisi-kisi obervasi, lembar hasil wawancara non-terarah dan lembar soal pre test – post test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: 1) Eksperimen permainan Karf dilaksanakan dalam satu waktu, 2) Mahasiswa semester 4 angkatan 2016 antusias dalam mengikuti eksperimen Karf, 3) terdapat peningkatan skor signifikan dari kegiatan pre test dengan post test, yaitu dari skor 14,00 - 18,94, maka media permainan Karf efektif dalam pembelajaran ilmu shorof, 4) kelebihan: terbatasnya waktu menyebabkan eksperimen hanya bisa dilaksanakan satu waktu dan satu jenis permainan Karf, terbatasnya konten kartu Karf serta peneliti tidak memperhatikan kepada gaya belajar mahasiswa yang bermcammacam.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitan penggunaan media Permainan Karf (Kartu Shorof) dalam pembelajaran Ilmu Shorof terhadap mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta semester 4 tahun ajaran 2017/2018, bagaimana penerapannya, sistem permainannya serta kelebihan dan kekurangan penggunaan media tersebut. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain penelitian one group - pre test post test design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media Permainan Karf (Kartu Shorof) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pembelajaran Ilmu Shorof dalam hal hasilnya. Populasi penelitian berjumlah 35 mahasiswa, sementara sampel penelitian berjumlah 17 mahasiswa dari populasi penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara non-terarah, tes dan dokumentasi. Teknik sampling penelitian ini adalah purposive sampling, pengambilan sampel penelitian berdasarkan kriteria yang dibutuhkan peneliti. Instrumen penelitian ini adalah lembar kisi-kisi obervasi, lembar hasil wawancara non-terarah dan lembar soal pre test – post test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: 1) Eksperimen permainan Karf dilaksanakan dalam satu waktu, 2) Mahasiswa semester 4 angkatan 2016 antusias dalam mengikuti eksperimen Karf, 3) terdapat peningkatan skor signifikan dari kegiatan pre test dengan post test, yaitu dari skor 14,00 - 18,94, maka media permainan Karf efektif dalam pembelajaran ilmu shorof, 4) kelebihan: terbatasnya waktu menyebabkan eksperimen hanya bisa dilaksanakan satu waktu dan satu jenis permainan Karf, terbatasnya konten kartu Karf serta peneliti tidak memperhatikan kepada gaya belajar mahasiswa yang bermcammacam.en_US
dc.publisherFAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectefektivitas, permainan Karf (kartu shorof), Ilmu Shorofen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PERMAINAN KARTU PINTAR KARF (KARTU SHOROF) DALAM PEMBELAJARAN ILMU SHOROF (STUDI EKSPERIMEN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA SEMESTER 4 PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB TAHUN AJARAN 2017/2018)en_US
dc.typeThesis SKR FPB 060en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record