دور المشرف في تحسين مهارة الكلام في اللغة العربية ال ا سابع هاب الصفالطلافي المديناسكاللغي مدررةة المعل راة ا يةالمح ا در ا ية ييكياكرتا لل ا سنة ال ا ر 2017-2018
Abstract
Penenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran musyrif
dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab siswa kelas tujuh E di
asrama bahasa madrasah muallimin muhammadiyah yogyakrta, dan untuk
mengetahui tingkat keberhasilan dari peran musyrif dalam meningkatkan
kemampuan berbicara bahasa arab siswa kelas tujuh E di asrama bahasa madrasah
muallimin muhammadiyah yogyakrta.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan jenis dari
penelitian deskriptif yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan.
Dari hasil positif yang ditunjukkan oleh hasil penelitian yang telah
dilakukan adalah: bahwa musyrif telah melaksanakan perannya dengan sangat baik
dalam memberikan pengaruh kepada siswa untuk menjadi siswa yang mampu
dalam berbicara bahasa arab dengan baik dan benar. Adapun sebaliknya, bahwa
musyrif masih belum sempurna dalam mengingatkan para siswa dalam berbicara
menggunakan bahasa arab, dan sebab dari hal ini ialah mungkin terkadang musyrif
merasa malas dan sedang dalam kondisi jenuh untuk mengingatkan para siswanya
untuk berbicara menggunakan bahasa arab atau dimungkinkan karena terkadang
musyrif merasa capek dalam memberikan peringatan kepada siswanya.