dc.contributor.advisor | ADLY, EMIL | |
dc.contributor.author | LAKSMI I.P, RR. HANNA | |
dc.date.accessioned | 2019-09-14T06:12:31Z | |
dc.date.available | 2019-09-14T06:12:31Z | |
dc.date.issued | 2019-04-01 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28805 | |
dc.description | Ruas jalan Parangtritis KM.8 s.d KM.12 DI Yogyakarta memiliki potensi
bencana yang cukup besar seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan amblesan.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat peta tentatif multi-rawan bencana,
menentukan tingkat kelas kerawanan bencana dengan menggunakan software
ArcGIS, dan mengidentifikasi kerusakan secara visual. Metode yang digunakan
dalam pembuatan peta tentatif yaitu metode penilaian/skoring dan pembobotan,
selanjutnya dilakukan identifikasi kerusakan jalan menggunakan metode PCI yang
dilakukan berdasarkan peta rawan bencana yang mengalami banjir, karena bencana
banjir merupakan bencana yang paling berpengaruh terhadap fungsional ruas jalan
dan keselamatan pengguna jalan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa
bencana banjir dan bencana amblesan adalah bencana yang berpotensi tinggi pada
wilayah penelitian. Berdasarkan hasil peta bencana tersebut yang berpotensi banjir
sepanjang 1,5 km, sehingga diperoleh hasil dari pengujian kerusakan jalan yang
berpotensi banjir didapatkan rata-rata nilai PCI sebesar 41,53 (sedang). Penelitian
PCI dimulai dari sta.12+600 s.d sta.13+600 dan 15+800 s.d sta.16+300. | en_US |
dc.description.abstract | The Parangtritis road KM.8 s.d KM.12 DI Yogyakarta has considerable
potential for disasters such as floods, earthquakes, landslides and subsidence. This
study aims to create a multi-disaster preliminary map, determine the level of
disaster hazard class using ArcGIS software, and identify damage in visual on the
street. The method used in making tentative maps is the method of scoring (scoring)
and weighting, f urthermore identification of road damage using the PCI method
was carried out based on the disaster-prone map that was flooded, because the
flood disaster was the most influential disaster on the functional road and road user
safety. The results of the study show that floods and subsidence disasters are high
potential disasters in the research area. Based on the results of the disaster map
which has the potential of flooding along the 1.5 km, so that the results obtained
from testing the damage to the road that has the potential for flooding, the average
PCI value is 41.53 (fair). PCI testing starts from sta. 12 + 600 d. Sta. 13 + 600 and
15 + 800 d. Sta. 16 + 300. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | ArcGIS, disaster, mapping, PCI | en_US |
dc.title | PEMETAAN MULTI-RAWAN BENCANA BERBASIS GIS DAN IDENTIFIKASI KERUSAKAN RUAS JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI | en_US |
dc.title.alternative | Studi Kasus: Jalan Parangtritis KM.8 s.d KM.12 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
198 | en_US |