PENGARUH IDEALISME, RELATIVISME, STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI AKUNTANSI KREATIF DENGAN LOVE OF MONEY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Idealisme, Relativisme, Status Sosial Ekonomi terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi dalam Akuntansi Kreatif dengan Love of Money sebagai variabel Intervening. Pengujian ini menggunakan Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi dalam Akuntansi Kreatif sebagai variabel dependen, Love of Money sebagai variabel Intervening, serta variabel idealisme, relativisme, dan status sosial ekonomi sebagai varibel independen. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa aktif S1 jurusan Akuntansi Universitas Muhhammadiyah Yogyakarta yang merupakan salah satu Perguruan tinggi yang memiliki akreditasi program studi akuntansi A di Yogyakarta yang meliputi mahasiswa tingkat akhir maupun mahasiswa aktif yang sudah menempuh mata kuliah etika profesi dan bisnis dan belum menempuh mata kuliah etika profesi dan bisnis yang meliputi angkatan 2016, 2017, 2018. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Berdasarkan proses penyebaran kuesioner yang dilakukan, diperoleh sampel 120 responden. Uji Hipotesis pada penelitian ini menggunakan Software SPSS dengan analisis Regresi berganda dan analisi Jalur (Path Analysis) . Hasil penelitian menunjukan bahwa Idealisme,Status Sosial Ekonomi dan Love of Money berpengaruh negatif terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi dalam Akuntansi Kreatif. Relativisme berpengaruh positif terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi dalam Akuntansi Kreatif. Status Sosial Ekonomi berpengaruh positif terhadap Love of Money. Status Sosial Ekonomi berpengaruh negatif terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi dalam Akuntansi Kreatif ketika dihubungkan dengan Love of Money sebagai variabel intervening.