EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN MENCOCOKKAN KATA BAHASA ARAB DAN GAMBAR SISWA KELAS III SDIT INSAN UTAMA BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019 : PENELITIAN EKSPERIMEN DAN KONTROL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan teknik permainan mencocokkan kata dan gambar, (2) dan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab setelah pemberian treatment.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas tiga SDIT Insan Utama di dua kelas (B) dan (C), dan jumlah masing-masing: 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan merupakan penelitian Pre test post test control group design. Metode pengumpulan data digunakan dalam langkah-langkah: pre-test, post-test, observasi, wawancara, dan kepercayaan. Untuk mengetahui efektivitas teknik pencocokan kata dalam gambar, t-test akan diterapkan menggunakan SPSS 15.
Masalah penelitian ini didasarkan pada kurikulum pembelajaran dan pembelajaran yang kaku di kelas, tergantung pada metode konservasi secara umum. Penelitian ini harus menjadi solusi untuk masalah ini, kontribusi baru yang bermanfaat di bidang pengajaran bahasa Arab
Hasil yang paling penting: Penelitian ini menemukan akumulasi skor yang tinggi di antara siswa dalam rincian: 62,34 dalam pre-test, 74,25 dalam post-test (setelah treatment). Pada saat yang sama, kosakata bahasa Arab mereka telah meningkat tajam. Uji-t menggunakan SPSS 15 menunjukkan bahwa sig = 0,001. SIG <0,05 bergerak tetapi H1 diterima dan H0 ditolak.
Jadi Teknik Permainan Mencocokkan Kata Bahasa Arab Dan Gambar Siswa Kelas III SDIT Insan Utama Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 : Penelitian Eksperimen Dan Kontrol, terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Arab.