Show simple item record

dc.contributor.advisorN, NURWANTO
dc.contributor.authorHANDAYANI, NITA VITRI SRI
dc.date.accessioned2017-01-24T02:23:50Z
dc.date.available2017-01-24T02:23:50Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8766
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan scientific approach di SD Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Penelitian ini akan mengevaluasi pembelajaran PAI ditinjau dari segi context, input, process dan productnya. Alasan diadakan penelitian ini adalah karena pendidikan di Indonesia sudah menggunakan kurikulum 2013 di mana di dalamnya wajib menggunakan pendekatan pembelajaran yaitu scientific approach. Oleh karena itu, di sekolah perlu diadakan evaluasi untuk menilik bagaimana efektivitas implementasi pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif (evaluative research) yang bertujuan untuk mengukur manfaat, sumbangan dan kelayakan program atau kegiatan tertentu. Penelitian ini dilakukan menggunakan model evaluasi CIPP oleh Stufflebeam dengan menganalisis komponen context, input, process dan product. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi implementasi pembelajaran PAI menggunakan scientific approach di SD Sonosewu ditinjau dari context menunjukkan hasil yang efektif sedangkan evaluasi ditinjau dari input menunjukkan hasil yang kurang efektif dan evaluasi ditinjau dari process menunjukkan hasil kurang efektif dan evaluasi ditinjau dari product menunjukkan hasil efektifen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan scientific approach di SD Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Penelitian ini akan mengevaluasi pembelajaran PAI ditinjau dari segi context, input, process dan productnya. Alasan diadakan penelitian ini adalah karena pendidikan di Indonesia sudah menggunakan kurikulum 2013 di mana di dalamnya wajib menggunakan pendekatan pembelajaran yaitu scientific approach. Oleh karena itu, di sekolah perlu diadakan evaluasi untuk menilik bagaimana efektivitas implementasi pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif (evaluative research) yang bertujuan untuk mengukur manfaat, sumbangan dan kelayakan program atau kegiatan tertentu. Penelitian ini dilakukan menggunakan model evaluasi CIPP oleh Stufflebeam dengan menganalisis komponen context, input, process dan product. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi implementasi pembelajaran PAI menggunakan scientific approach di SD Sonosewu ditinjau dari context menunjukkan hasil yang efektif sedangkan evaluasi ditinjau dari input menunjukkan hasil yang kurang efektif dan evaluasi ditinjau dari process menunjukkan hasil kurang efektif dan evaluasi ditinjau dari product menunjukkan hasil efektifen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectSTUDI EVALUATIFen_US
dc.subjectMODEL CIPPen_US
dc.subjectPEMBELAJARANen_US
dc.subjectSCIENTIFIC APPROACHen_US
dc.titleSTUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MENGGUNAKAN SCIENTIFIC APPROACH DI SD SONOSEWU, NGESTIHARJO, KASIHAN, BANTULen_US
dc.typeThesis SKR 351en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record