STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MENGGUNAKAN SCIENTIFIC APPROACH DI SD SONOSEWU, NGESTIHARJO, KASIHAN, BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan scientific approach di SD Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Penelitian ini akan mengevaluasi pembelajaran PAI ditinjau dari segi context, input, process dan productnya. Alasan diadakan penelitian ini adalah karena pendidikan di Indonesia sudah menggunakan kurikulum 2013 di mana di dalamnya wajib menggunakan pendekatan pembelajaran yaitu scientific approach. Oleh karena itu, di sekolah perlu diadakan evaluasi untuk menilik bagaimana efektivitas implementasi pembelajaran tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif (evaluative research) yang bertujuan untuk mengukur manfaat, sumbangan dan kelayakan program atau kegiatan tertentu. Penelitian ini dilakukan menggunakan model evaluasi CIPP oleh Stufflebeam dengan menganalisis komponen context, input, process dan product. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi implementasi pembelajaran PAI menggunakan scientific approach di SD Sonosewu ditinjau dari context menunjukkan hasil yang efektif sedangkan evaluasi ditinjau dari input menunjukkan hasil yang kurang efektif dan evaluasi ditinjau dari process menunjukkan hasil kurang efektif dan evaluasi ditinjau dari product menunjukkan hasil efektif