Browsing by Author "KURNIASIH, INDRI"
Now showing items 1-20 of 20
-
COLLABORATION PROJECT REPORT: PROGRESS TEST IN DENTAL EDUCATION
KURNIASIH, INDRI; DEWANTO, IWAN; POEDJIASTOETI, WIWIEK; MALIK, ADAM; SJAFRIADI, MEI (Annual Meeting SEAADE 2015, 2015-08-13)Abstract Objectives: To determine the impact of collaborative program of four different dental faculties in Indonesia toward National Board Dental Exam result Methods: The collaboration activities were conducted intensively ... -
DESAIN KURIKULUM MAKRO, MESO DAN MIKRO
KURNIASIH, INDRI (2015-11-30)Prinsip penyusunan kurikulum adalah transparan, konsisten dan akademis. Konten kurikulum merupakan penjelasan dari berbagai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus diajarkan kepada peserta didik agar menjadi kemampuan ... -
EFEKTIVITAS MANAJEMEN STRES COGNITIVE-BEHAVIORAL DALAM MENURUNKAN TINGKAT STRES MAHASISWA TAHUN PERTAMA TAHAP SARJANA PSPDG UMY
IKA DHITA MAWAR LIZA, IKA DHITA MAWAR LIZA (FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-07-25)Background: Stress can refered as an adaptation process to a new environment. The most effective way to reduce negative effect that caused by stress on first year students is Cognitive-behavioral stress management. Objective: ... -
EVALUATION OF OSCE RESULTS AS AN INDICATOR TO REVIEW DENTAL CURRICULUM
KURNIASIH, INDRI; DEWANTO, IWAN (2017-08-10)EVALUATION OF OSCE RESULTS AS AN INDICATOR TO REVIEW DENTAL CURRICULUM. Kurniasih, I 1*, Dewanto, I 1,2. 1 School of Dentistry, Faculty of Medicine and Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia, 2 ... -
EVALUATION THE QUALITY OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) CASES SCENARIO IN THE FIRST BLOCKS IN ACADEMIC YEAR 2013 - 2014 AT DENTAL SCHOOL OF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
KURNIASIH, INDRI (2014-09-05)Objective: The quality of dental cases scenario is an important factor in the success of Problem Based Learning (PBL) method. High quality scenario cases connect between the scientific knowledge with the real problems or ... -
FACTORS INFLUENCING REQUIREMENTS IMPLEMENTATION OF CLINICAL DEBTAL STUDENT OF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
ASTUTI, NOVITASARI RATNA; DEWANTO, IWAN; KURNIASIH, INDRI; PUTRANTI, WAHYU (2018-10-19)Pendahuluan: IPDG mengharuskan mahasiswa profesi untuk memenuhi sejumlah requirement cenderung mendapat kendala, seperti keterlambatan kelulusan akibat mahasiswa profesi tidak mampu memenuhi semua requirement. Kendala ini ... -
GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERHADAP NILAI INTEGRITAS AKADEMIK TAHUN 2019
ROZI, FAHRUR (FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-30)Background: Academic integrity is the core moral of university and highly esteemed that refers to the whole human integrity as moral attitude. Academic integrity comprises five fundamental values which are academic ... -
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL UJIAN MCQ DAN OSCE MAHASISWA PSKG FKIK UMY BLOK TAHUN PERTAMA
BIRRI, INTIHAUN NI’AMATUL (FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-07-25)Latar Belakang: Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang terhadap adanya tujuan dan salah satu faktor eksternal yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Instrumen untuk evaluasi belajar mahasiswa kedokteran ... -
HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PENYULUHAN JENIS AUDIOVISUAL DAN BONEKA KARAKTER DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI MULUT DAN PERUBAHAN SKOR PLAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DESMAARLENI, SITIRAHMA (FKIK UMY, 2012-05-20)Kegiatan promotif kesehatan gigi dan mulut meliputi upaya pencegahan yang dicapai oleh individu atau masyarakat yang dapat menghasilkan pemeliharaan kesehatan gigi secara optimal. Dewasa ini, usaha promotif dan preventif ... -
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DENGAN PERFORMA OSCE MAHASISWA DI PSPDG FKIK UMY
FADHILA, SARAH HASNA RISNY (FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-07-25)Background: OSCE (Objective Structured Clinical Examination) is one of the performance evaluation method that can recognise the ability of the students to implement their knowledge. The simulation condition in OSCE is ... -
HUBUNGAN COPING STRATEGIES DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PROFESI DOKTER GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
LESTARI, INDAH (FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-30)Background: Dental education is an integral part of education that consists of academic program and professional program which aims to create competent dentist graduates. The system that applied in the dental profession ... -
HUBUNGAN PERSEPSI PADA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TOOTH MORPHOLOGY BOARD GAME DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PSPDG FKIK UMY TAHUN I
AS SHAMAD, MUHAMMAD FIKRI (FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-06-14)2013 batch Basic Dentistry Bloc’s OSCE passing percentage on teeth identifying station is 65,48%, while for 2015 batch is 59,4%. The effort that can be done to increase the interest of study is through interactive ... -
HUBUNGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) DAN GAYA BELAJAR (LEARNING STYLES) DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PSKG FKIK UMY PADA BLOK TAHUN PERTAMA
AMINASIR, DINNI ALIFA AZZAHRA (FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-07-25)Background: Transition period occurs among freshmen experiencing adaptation process with their college environment. During the adaptation, freshmen experience psychological problems on learning method changes since the ... -
HUBUNGAN SELF-ASSESMENT DENGAN PENILAIAN SUPERVISOR DALAM KEGIATAN MODUL ILMU KESEHATAN GIGI MASYARAKAT (IKGM) TERHADAP PROFESSIONAL BEHAVIOR MAHASISWA DI PROGRAM STUDI PROFESI DOKTER GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2019
MAWADDAH, ANGGI TRI HANDAYANI (FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-30)Background: Medical professionalism includes cognitive, skills, and professional behavior abilities. Unprofessional behaviors by doctors are associated with adverse events, medical errors, and patient dissatisfaction. ... -
LIMA KOMPONEN PENTING DALAM PERENCANAAN OSCE (FIVE ESSENTIAL KEYS IN OSCE PLANNING)
KURNIASIH, INDRI (Incisiva Dental Journal, 2016)Background : The complexity of planning and implementation of OSCE (Objective Structured Clinical Examination) activity may influence the quality and reliability of OSCE as a tool to assess the clinical performance. Many ... -
Modul Kedokteran Gigi Dasar
SOFIANI, ERMA; KURNIASIH, INDRI (2016-10-01)Blok kedokteran gigi dasar merupakan blok ketiga tahun pertama dari kurikulum PBL Program Studi Kedokteran Gigi FKIK UMY. Blok ini terdiri dari dua modul yaitu anatomi fungsional dan Neurovaskuler Leher-Kepala serta modul ... -
PEERBEDAAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA SEBELUM DAN SESUDAH MENGIKUTI KEGIATAN SMALL GROUP DISCUSSION BERBAHASA INGGRIS DI PSKG UMY
ANDARI, NUR’AINI ADI PUTRI (FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-30)Background: Four skills in English language are reading, listening, speaking and writing. Components in English language are grammar, vocabulary and pronunciation. Small Group Discussion is one of academic program in ... -
PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA 10-11 TAHUN SETELAH MENDAPAT PENYULUHAN DENGAN MEDIA BOARD GAME
AKBARIA, HARIDA RIZQY (FKIK UMY, 2017-12-28)Background: Oral and dental health education for children is necessary to increase children knowledge about oral and dental health. There are many health education methods, one of them is small group method such as ... -
PERBEDAAN NILAI PRETEST DAN POSTTEST MAHASISWA ANGKATAN 2017 DALAM KEGIATAN CASE BASED LEARNING BLOK 5 PSPDG UMY
SARI, RIRIS MARETA (FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-07-25)Latar Belakang: Case based learning merupakan suatu pembelajaran interaktif dengan menggunakan suatu kasus dari dunia nyata sebagai bahan diskusi dalam satu kelompok kecil. Metode case based learning menuntut mahasiswa ... -
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP FUNGSI AUDIOVISUAL DALAM KEGIATAN TUTORIAL DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER GIGI, FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN (FKIK) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
ASBAR, AMALIA RAHMAWATI (FKIK UMY, 2010-07-24)Hasil yang diperoleh bahwa fungsi kompensatori mendapat persepsi baik oleh mahasiswa. Namun fungsi atensi, afektif dan kognitif mendapat persepsi cukup. Sehingga ketiga fungsi tersebut perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan. ...