HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Latar Belakang: Pembelajaran merupakan proses interaksi antara pendidik dan peserta didik. Belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah konsentrasi atau kemampuan mahasiswa untuk memusatkan pikiran dan perhatian terhadap proses pembelajaran. Konsentrasi yang baik akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerima, menyerap dan memahami pelajaran. Konsentrasi belajar dipengaruhi berbagai faktor diantaranya adalah lingkungan. Lingkungan yang kondusif dan tenang akan meningkatkan kenyamanan mahasiswa dalam belajar sehingga konsentrasi belajar mahasiswa juga akan meningkat.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan konsentrasi belajar mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan cross-sectional design. Sampel berjumlah 91 orang dengan teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan spearman rank.
Hasil: Tingkat konsentrasi mahasiswa berada dalam kategori cukup baik yaitu sebanyak 73,6% dan lingkungan belajar mahasiswa dalam kategori cukup memuaskan yaitu sebanyak 79,1%. Hasil korelasi spearman rank di dapatkan nilai p = 0,004 dimana p < 0,05.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan konsentrasi belajar mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Rekomendasi: Semakin baik kondisi suatu lingkungan belajar maka konsentrasi belajar juga akan semakin meningkat sehingga perlu dilakukan penyediaan dan penataan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman.