Master of Hospital Management: Recent submissions
Now showing items 101-120 of 267
-
ANALISIS STUDI DESKRIPTIF BUDAYA PATIENT SAFETY DI RS PKU MUHAMMADIYAH GAMPING YOGYAKARTA
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Latar belakang: Rumah sakit merupakan tempat yang kompleks, terdapat ratusan macam obat, test dan prosedur, serta beragam profesi dan latar belakang sumber daya manusia yang memberikan pelayanan kepada pasien selama 24 ... -
EVALUASI PROSES REKRUITMEN PERAWAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK RESPATI DI KABUPATEN TASIKMALAYA
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Latar belakang: Proses perekrutan dan seleksi perawat di rumah sakit yang paling penting adalah atittude. Dalam memberikan asuhan, perawat menggunakan keahlian kata-kata yang lemah lembut, sentuhan yang penuh kasih, sehingga ... -
ANALISIS STRATEGI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI KLINIK PRATAMA RABBANI MEDIKA BOGOR
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Latar Belakang: Dengan berdirinya BPJS Kesehatan, masalah yang sering dihadapi oleh klinik kesehatan adalah klinik kesehatan yang belum mampu memberikan sesuatu hal yang benar benar diharapkan pengguna jasa. Penyebab ... -
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI KEPALA RUANG TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BALIKPAPAN
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Di rumah sakit, termasuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balikpapan, salah satu kunci utama dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan adalah perawat yang mempunyai kinerja yang tinggi. Hal ini dikarenakan bentuk ... -
GAMBARANPENGELOLAHAN LIMBAH TAJAM DAN NON TAJAM KLINIS INFEKSIUS DI RSUD KOTA YOGYAKARTA
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Latar Belakang: Rumah sakit merupakan bagian dari sistem pelayanan kesehatan secara keseluruhan yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan. Kegiatan rumah sakit menghasilkan berbagai macam sampah medis seperti jarum ... -
PENGARUH PENGETAHUAN DAN KETERSEDIAAN FASILITAS TERHADAP PELAKSANAAN HAND HYGIENE DI BANGSAL NIFAS DAN ANAK RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Latar Belakang: Infeksi nosokomial atau yang sekarang disebut sebagai infeksi yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan). Cuci tangan menjadi salah satu langkah yang efektif untukmemutuskan rantai transmisi infeksi, sehingga ... -
ANALISIS PROSES PENYUSUNAN IKI DAN IKU DI RS AMAL SEHAT WONOGIRI DALAM MEMBENTUK SISTEM REMUNERASI RS
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Latar belakang: Remunerasi menjadi sebuah perubahan mendasar pada proses manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di Rumah Sakit A (selanjutnya disingkat RSA). Sistem remunerasi memberikan reward kepada karyawan ... -
EVALUASI MUTU PELAYANAN ANESTESI DI INSTALASI BEDAH SENTRAL DI RUMAH SAKIT SWASTA JAWA TENGAH
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Latar belakang: Pembedahan di Rumah Sakit adalah tindakan yang dilakukan oleh medis dengan mengutamaka nkepentingan dalam pelayanan kesehatan dan suatu pelaksanaan dalam,mencegah kecacatan, komplikasi serta yang paling ... -
MINI REVIEW KEPATUHAN PELAKSANAAN SURGICAL SAFETY CHECKLIST
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Latar Belakang: Adverse event (AE) disebabkan karena tindakan bedah terjadi lebih sering dari pada AE jenis lain, dan umumnya dapat dicegah serta memiliki konsekuensi yang lebih parah. World Health Organization (WHO) ... -
PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA PERAWAT DI RS PKU MUHAMMADIYAH GAMPING
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Latar belakang: Perawat merupakan sumber daya manusia yang penting dalam sebuah rumah sakit. Hal ini menyebabkan pelayanan keperawatan berkontribusi besar dalam menentukan kualitas kerja rumah sakit. Upaya peningkatan ... -
PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI, DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT IGD RSUD DI YOGYAKARTA
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Latar Belakang: Setiap rumah sakit dituntut memiliki sumber daya manusia yang berpengalaman dan professional. Perawat IGD dituntut agar memiliki kinerja yang lebih dibandingkan dengan perawat di unit lain, karena IGD ... -
KOMUNIKASI DOKTER, PERAWAT, DAN TENAGA KESEHATAN LAINNYA DITINJAU DARI PERSPEKTIF MAHASISWA KEDOKTERAN ROTASI KLINIK DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN
(PROGRAM STUDI MANAJEMEN RUMAH SAKIT PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-09-05)Background: Medical error has been defined as an unintended act or one that does not achieve its intended health outcome. Medical error causes not only monetary loss, but also lost of patient‟s trust in the healthcare ... -
PENGARUH STANDAR PELAYANAN KESEHATAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DI RSUD PRAMBANAN YOGYAKARTA
(MMR UMY, 2018-11-10)Latar belakang: Peningkatan standar pelayanan kesehatan tidak bisa lepas dari kepuasan pelanggan sebagai pengguna jasa layanan. Kualitas pelayanan rumah sakit adalah unsur penting dalam jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit ... -
EVALUASI PELAKSANAAN PENCEGAHAN PASIEN RISIKO JATUH DI RUANG RAWAT INAP RSUD WKP
(MMR UMY, 2018-11-10)Latar Belakang: Tahun 2016 di RSUD Wates Kabupaten Kulon Progo terdapat 8 pasien mengalami insiden jatuh, 7 dewasa dan 1 anak. Sehingga perlu dilakukan pengkajian, evaluasi dan monitoring terkait pencegahan risiko pasien ... -
PELAKSANAAN IDENTIFIKASI PASIEN DAN SPESIMEN DI UNIT LABORATORIUM RS PKU MUHAMMADIYAH GAMPING
(MMR UMY, 2018-11-10)Latar belakang: Unit laboratorium merupakan salah satu unit penunjang utama dalam pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan identifikasi pasien dan spesimen berdasarkan SPO di laboratorium ... -
EVALUASI KEPATUHAN TIM BEDAH DALAM PENERAPANSURGICAL SAFETY CHECKLIST WHO PADA OPERASI BEDAH MAYOR DI INSTALASI BEDAH SENTRAL PKU MUHAMMADIYAH BANTUL
(MMR UMY, 2018-11-10)Latar Belakang: Prosedur tidakan operasi bedah mayor di RS PKU Muhammadiyah Bantul sudah mempunyai standar dari komite medis di bagian bedah, namun belum dilakukan evaluasi terkait dengan prosedur pembedahan. Tujuan ... -
ANALISIS BIAYA SATUAN PADA PASIEN RAWAT INAP CIDERA KEPALA RINGAN DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL
(MMR UMY, 2018-11-10)Latar belakang: Sistem yang dipakai oleh pemerintah untuk pembayaran tariff klaim ke rumah sakit yaitu menggunakan sistem INA-CBG’s (Indonesian Case Based Groups). Penerapan siatem INA-CBG’s yang diterapkan oleh pemerintah ... -
PEMANFAATAN TELE-EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SHARP SAFETY PADA TENAGA KESEHATAN DI RST dr. SOEDJONO MAGELANG
(MMR UMY, 2018)Background: During the period of January to February 2017 there were no reports regarding the incidence of sharp injuries at RST Dr. Soedjono Magelang. The report is different from the findings obtained by the researchers ... -
EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DITINJAU DARI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL
(MMR UMY, 2018)The Dental and Mouth Hospital of Muhammadiyah University of Yogyakarta is a hospital that serves the general public as well as a place of practice for dentistry students at the Muhammadiyah University of Yogyakarta. RSGM ... -
PENYUSUNAN KEY PERFORMANCE INDIKATOR (KPI) AREA KLINIS DALAM ASPEK PROSES BISNIS INTERNAL RUMAH SAKIT METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS) DI RSUD KOTA SURAKARTA
(MMR UMY, 2018)Background: There are many hospitals now in Indonesia although the standards are still very minimal. Therefore, the Hospital Accreditation Commission (KARS) was formed which functions to accredit hospitals throughout ...