ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA MEREK, DAN SUASANA CAFE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KONSUMEN CAFE ROASTER AND BEAR YOGYAKARTA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Layanan,
Citra Merek, dan Suasana Cafe terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan
Sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Cafe Roaster and Bear Yogyakarta.
Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen Cafe Roaster and Bear yang datang
lebih dari dua kali selama satu tahun terakhir, dalam penelitian ini sampel
berjumlah 200 responden yang dipilih dengan metode purposive sampling. Alat
analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM).
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kualitas
layanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen, citra merek
berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen, suasana cafe berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas layanan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen, citra merek berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan konsumen, suasana cafe berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen, dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
konsumen.