STUDI KOMPARASI ANTARA MAHASISWA LULUSAN PONDOK PESANTREN DAN SMA DALAM MOTIVASI BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA PADA MAHASISWA PBA ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Diantara faktor yang mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya motivasi
belajar mahasiswa khususnya dalam belajar keterampilan membaca , salah satunya
adalah factor latar belakang pendidikan siswa, yaitu lulusan SMA negeri dengan
pondok pesantren. Latar belakang pendidikan yang berbeda tentunya mempunyai
sikap sikap mental yang berbeda, yang secara asumtif menimbulkn motivasi belajar
keterampilan membaca yang berbeda pula.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan metode
penentuan subyeknya menggunakan teknik sampling. Metode pengumpulan
datanya menggunakan metode kuesioner, wawancara, pretes posttest dan
dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dan
metode analisis kualitatif.
Tingkat motivasi belajar keterampilan membaca mahasiswa lulusan SMA
Negeri maupun Pondok pesantren pada mahasiswa pendidikan bahasa arab
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 dari
prosentasenya adalah bermotivasi sangat tinggi menuju tinggi untuk lulusan SMA
dam bermotivasi tinggi menuju rendah untuk mahasiswa lulusan pondok pesantren
dan tidak terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara siswa lulusan
SMA Negeri dan Pondok Pesantren.