Show simple item record

dc.contributor.advisorHUMAINI, ARIF
dc.contributor.authorNURUL HANIFAH, SEPTIANI
dc.date.accessioned2019-10-31T03:59:23Z
dc.date.available2019-10-31T03:59:23Z
dc.date.issued2019-03-06
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30205
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa signifikan butir soal ulangan akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Arab di kelas VI Pesantren Anak Ibnu Taimiyyah Yogyakarta yang dilihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan fungsi pengecoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel siswa kelas VI Pesantren Anak Ibnu Taimiyyah Yogyakarta. Data yang dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi serta wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan software anates versi 4.10. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa kualitas butir soal ulangan akhir semestes ganjil mata pelajaran bahasa arab untuk kelas VI pesantren anak ibnu taimiyyah rata-rata menunjukan kualitas yang baik. Dilihat dari validitas (56%) dinyatakan signifikan dan (44%) dinyatakan tidak signifikan. Sedangkan pada butir soal uraian (80%) dinyatakan signifikan dan (20%) dinyatakan tidak signifikan. Serta pada butir soal essay (80%) dinyatakan signifikan dan (20%) dinyatakan tidak signifikan. Kualitas soal dilihat dari uji reliabilitas dinyatakan 0.82 untuk butir soal pilihan ganda, 0.87 pada butir soal uraian dan untuk butir soal essay sebesar 0.82. Kualitas soal dilihat dari tingkat kesukaran pada butir soal pilihan ganda sebanyak (12%) yang dinyatakan “mudah”, (68%) yang dinyatakan “sedang” dan 5 butir soal (20%) yang dinyatakan “sukar”. Sedangkan pada butir soal uraian sebanyak (10%) yang dinyatakan “mudah”, (60%) yang dinyatakan “sedang”, dan (30%) yang dinyatakan “sukar”. Serta pada butir soal essay (100%) yang dinyatakan “sedang”. Kualitas soal dilihat dari tingkat daya pembeda dan fungsi pengecoh pada butir soal pilihan ganda sebanyak (12%) yang dinyatakan “baik sekali”, (32%) dinyatakan “baik”, (16%) dinyatakan “sedang”, (20%) dinyatakan “jelek” dan (20%) dinyatakan “jelek sekali”.en_US
dc.publisherFAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAnalisis Butir Soal, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda dan Fungsi Pengecoh.en_US
dc.titleANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VI PESANTREN ANAK IBNU TAIMIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018 – 2019en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record