PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING BERGAMBAR TERHADAP PENINGKATAN MINAT BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SIDOARUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
‘Azizah Yusro Salimah. 2019. Pengaruh Teknik Role Playing Bergambar Terhadap Peningkatan Minat Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sidoarum Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan langkah-langkah dalam menerapkan teknik role playing bergambar terhadap peningkatan minat berbicara bahasa Arab siswa kelas V SD Muhammadiyah Sidoarum Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini berupa pre-eksperimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh teknik role playing bergambar terhadap minat berbicara bahasa Arab mempunyai kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t-test sampel dari nilai angket pre-test dan post-test siswa yang tidak jauh dari taraf signifikan yaitu 0,05. Hasil ini menunjukkan nilai signifikansi > 0,05 yaitu 0,052 > 0,05 dan -t hitung < -t tabel yaitu -1,997 < -1,677. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh pada penggunaan teknik role playing bergambar terhadap peningkatan minat berbicara bahasa Arab siswa kelas V SD Muhammadiyah Sidoarum Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019.