ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MASALAH KESEHATAN SEBELUM DAN SETELAH ADANYA BPJS (Studi kasus di Kecamatan Lubuk Besar)
Abstract
Kesehatan merupakan suatu keadaan sejahtera dari jiwa, badan dan sosial yang memungkinkan setiap orang yang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. kesehatan sangat penting bagi seseorang supaya memudahkan untuk melakukan suatu aktivitas, termasuk masyarakat Indonesia.Perekonomian berpengaruh terhadap suatu sistem pembiayan yang dijalankan untuk kesehatan memperoleh stsatus sehat seorang individu. Pemeliharaan kesehatan dengan upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan dapat dilakukan dengan berbagai cara ke Puskesmas, Rumah sakit maupun ke tenaga medis lainnya (Tabib). Penelitian ini Analisis perilaku konsumen dalam masalah kesehatan sebelum dan setelah adanya BPJS. Tujuan dari utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apahkah terdapat perbedaan terhadap kesehatan masyarakat di Kecamatan Lubuk Besar sebelum dan setelah adanya BPJS.Menggunakan data primer dengan metode kuisioner kepada 100 orang responden dan metode yang digunakan dalam menganalisis data berupa uji beda Paried Sample t-Test. Dari hasil analisis yang dilakukan ditemukan hasil tidak dapat perbedaan sebelum dan setelah adanya BPJS di masyarakat, sedangkan dipuskesmas ada perbedaan pelayanan setelah adanya BPJS. Sebelum adanya BPJS lebih baik karena tingkat rata-ratanya lebih besar dibandingkan dengan setelah adanya BPJS.