ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Abstract
Penelian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan Waroeng Steak and Shake di Yogyakarta. Populasi yang digunakan penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan datang ke Waroeng Steak and Shake di Yogyakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dan teknik yang digunakan adalah Convenience sampling (pengambilan sampel dengan mendatangi langsung ketempat penelitian). Alat analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t, serta analisis koefisien determinasi (R²). Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh bahwa: pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dapat diketahui variabel kualitas produk, kualitas layanan dan harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. pengujian hipotesis dengan uji t yang menunjukan bahwa ketiga variabel independen yaitu kualitas produk (X1), kualitas layanan (X2) dan persepsi harga (X3) yang terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan (Y). Hasil dari Adjusted R Square yaitu sebesar 42,5% variabel kepuasan pelanggan mampu dijelaskan oleh tiga variabel independen.