Department of Economics and Islamic Banking: Recent submissions
Now showing items 21-40 of 835
-
PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN BULANAN, HUBUNGAN TEMAN SEBAYA DAN TREND TERHADAP PERILAKU KONSUMSI BUSANA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-12-23)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan bulanan, hubungan teman sebaya dan trend terhadap perilaku konsumsi busana dalam perspektif ekonomi Islam secara parsial dan simultan. Penelitian ... -
PENGARUH LABEL HALAL, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MIE SAMYANG
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-12-24)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk mie samyang (studi kasus pada mahasiswa angkatan 2016-2018 Fakultas Agama Islam Universitas ... -
PENGARUH IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PROFETIK DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS: BMT BINA IHSANUL FIKRI)
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-12-23)This research aims to analyze the effects of prophetic and organization culture towards the employee’s performance at BMT BIF Yogyakarta. This research employed a quantitative research using primary and secondary data ... -
PENGARUH PENERAPAN ATTENTION, INTEREST, DESIRE, DAN ACTION TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PEMBIAYAAN MUDHARABAH (STUDI KASUS BANK MADINA SYARIAH YOGYAKARTA)
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-03-22)The objective of the research is describing whether or not Attention, Interest, Desire, and Action have influence on Customer Decision in choosing Mudharabah financing. The population used in the research is all of the ... -
PERSEPSI PETANI KOPI DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (Studi Kasus Petani Kopi di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung)
(FAI UMY, 2019-12-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah secara parsial serta simultan faktor lokasi, promosi, kualitas layanan, produk, bagi hasil, pengetahuan, pendidikan berpengaruh terhadap persepsi petani kopi dalam memilih ... -
RELIGIUSITAS SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PENDAPATAN TERHADAP PENGGUNAAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Pelaku UMKM di Lingkungan PP Al-Munawwir dan Ali Maksum)
(FAI UMY, 2020-01-02)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi keuangan syariah dan pendapatan pelaku UMKM di daerah Pondok Pesantren Al-Munawwir dan Ali Maksum terhadap penggunaan produk perbankan syariah dengan religiusitas sebagai ... -
ANALISIS PERBANDINGAN JUAL BELI RUMAH PADA BANK SYARIAH DENGAN JUAL BELI RUMAH PADA DEVELOPER PROPERTI SYARIAH TANPA MELALUI BANK
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2020-01-02)This research aims at finding out, analyzing, and comparing the strength and weakness between house sale and purchase with Sharia Bank financing and that of with Sharia Property Developer. It is descriptive qualitative ... -
ANALISA MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN PADA PRODUK PEMBIAYAAN TANPA AGUNAN AKAD MURABAHAH
(FAI UMY, 2019-02-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik pembiayaan tanpa agunan akad murabahah di BMT Barokah Padi Melati dan untuk mengetahui Manajemen Risiko Pembiayaan pada Pembiayaan tanpa agunan akad Murabahah di BMT ... -
KESADARAN DAN PERSEPSI UMKM PADA INSTRUMEN FINTECH: CROWDFUNDING DAN PEER TO PEER LENDING
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-12-20)Instrumen FinTech (Crowdfunding dan P2P Lending) merupakan instrumen pinjaman berbasis teknologi yang sedang marak akhir-akhir ini. Penelitian ini bertujuan apakah dengan model AIDA yang ada dapat meningkatkan kesadaran ... -
PENGARUH BRAND IMAGE, PERCEIVED RISK DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUTUSAN MITRA DALAM MEMILIH MLM SYARIAH
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2020-01-02)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, perceived risk dan perceived value terhadap keputusan mitra dalam memilih MLM Syariah studi pada Mitra Paytren Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan ... -
ANALISIS RETURN SAHAM YANG DIPENGARUHI OLEH MAKRO EKONOMI DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-12-20)Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh inflsai, nilai tukar, suku bunga Bank Indonesia, dan suku bunga Bank Federal Amerika terhadap return saham sektor pertambangan syariah di indonesia dengan profitabilitas ... -
TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta)
(FAI UMY, 2019)Kinerja keuangan adalah suatu pengelolaan yang dipergunakan dalam rangka menaikkan mutu keputusan yang akan diambil dan akuntabilitas. Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan ... -
STRATEGI PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA PERJANJIAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH (STUDI KASUS DI PT BANK SYARIAH MANDIRI TEGAL ADIWERNA)
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-01-30)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi perjanjian pada pembiayaan mudharabah dan musyarakah, mengetahui faktor penyebab terjadinya wanprestasi pada perjanjian pembiayaan mudharabah dan musyarakah dan ... -
PENERAPAN HALAL TOURISM DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR (Studi Kasus Kabupaten Lombok)
(FAI UMY, 2019)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan, pengaruh dan kualitas halal tourism di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripif. Subjek yang diteliti adalah dinas pariwisata, ... -
ANALISIS PENGARUH PEMBIAYAAN IJARAH MUNTAHIYA BITTAMLIK TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (Studi Kasus Baitul Maal Wa Tamwil Prosumen Amanah Mandiri Yogyakarta )
(FAI UMY, 2019)Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Pembiayaan Ijarah Muntahiya Bittamlik Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)”, yang berisi tentang pengaruh pembiayaan Ijarah Muntahiya Bittamlik terhadap ... -
PRAKTIK BAGI HASIL PADA SEKTOR PERTANIAN DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Dusun Tajen X, Sidomoyo, Godean, Sleman)
(FAI UMY, 2019)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik bagi hasil pada sektor pertanian yang dipraktikkan di Dusun Tajen X Sidomoyo dan menganalisis praktik bagi hasil pada sektor pertanian dalam tinjauan Ekonomi Islam. Jenis ... -
KONSEP PAJAK DALAM EKONOMI ISLAM (STUDI PEMIKIRAN IBNU KHALDUN)
(FP UMY, 2019)Pajak merupakan sumber pemasukan utama dalam APBN. Setengah dari anggaran negara penerimaan nya dari sektor pajak. Praktik perpajakan sudah berlangsung lama, bahkan pada masa daulah keislaman dahulu sudah banyak dipraktikkan ... -
IMPLEMENTASI PEMAHAMAN KONSUMSI ISLAMI PADA PERILAKU KONSUMSI JAMA’AH MASJID JOGOKARIYAN
(FAI UMY, 2019)Manusia pada hakikatnya membutuhkan konsumsi untuk bertahan hidup dimana semakin tinggi kebutuhan, konsumsi juga akan semakin bertambah. Konsumsi setiap orang dapat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup, dan ... -
STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI BANK WAKAF MIKRO YOGYAKARTA: STUDI PERBANDINGAN BANK WAKAF MIKRO USAHA MANDIRI SAKINAH DAN BANK WAKAF MIKRO SUNAN PANDAN ARAN
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-10-30)Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat di Bank Wakaf Mikro Yogyakarta dan mengetahui faktor pendukung maupun penghambat dalam menerapkan konsep strategi pemberdayaan ekonomi ... -
ANALISIS KESESUAIAN IMPLEMENTASI SAK ETAP PADA KOPERASI SYARIAH
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-08-19)Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesesuaian antara aturan SAK ETAP terhadap pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan laporan BMT Bima Magelang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif ...