Show simple item record

dc.contributor.authorAJIR, IKHTIAR CAHYA
dc.date.accessioned2019-02-20T06:46:30Z
dc.date.available2019-02-20T06:46:30Z
dc.date.issued2018-12-23
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25129
dc.description.abstractIkhtiar Cahya Ajir (20140820012). Peningkatan Kosakata Bahasa Arab menggunakan media permainan (KOKAMI) Kotak Kartu Misteri Kelas V SD Muhammadiyah 3 Ambarketawang Tahun Ajaran 2018-2019. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan mengetahui signifikansi penggunaan Media KOKAMI dalam pembelajaran bahasa Arab di Kelas V SD Muhammadiyah 3 Ambarketawang. Penelitian yang dilakukan penulis yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimentasi. Sumber data penelitian terdiri dari siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Ambarketawang, prosses pembelajaran, guru bahasa Arab kepala Sekolah dan media pembelajaran berupa KOKAMI. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian yang dilakukan penulis membagi kelas V kedalam dua kelompok kelas yaitu kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Hasil rerata nilai pre-test kelas Ekperimen (V-A) menunjukan 55,1 dan kelas Kontrol (V-B) 57, 1. Sedangkan hasil post-test kelas Eksperimen menunjukan nilai 80,35 mengalami kenaikan sebesar 25,25 dan kelas Kontrol menunjukan nilai 69,05 mengalami kenaikan sebesar 11,95. Pengitungan signifikansi perbedaan kenaikan nilai kelas Eksperimen dan kelas Kontrol menggunakan Uji T menghasilkan nilai sig. 0.000 < 0.05, maka bernilai sangat signifikan. Hasil penghitungan uji T dikonsultasikan dengan Hipotesis. Hipotesis (Ho) ditolak dan menerima Ha berarti terdapat perbedaan hasil belajar kelas Eksperimen dan kelas Kontroen_US
dc.publisherFAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectpeningkatan kosakata, media permainan, kokami, kosakata bahasa araben_US
dc.titlePENINGKATAN KOSAKATA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN (KOKAMI) KELAS V SD MUHAMMADIYAH 3 AMBARKETAWANG TAHUN AJARAN 2018-2019en_US
dc.typeThesis SKR FPB 135en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record