PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN (KOKAMI) KELAS V SD MUHAMMADIYAH 3 AMBARKETAWANG TAHUN AJARAN 2018-2019
Abstract
Ikhtiar Cahya Ajir (20140820012). Peningkatan Kosakata Bahasa Arab
menggunakan media permainan (KOKAMI) Kotak Kartu Misteri Kelas V SD
Muhammadiyah 3 Ambarketawang Tahun Ajaran 2018-2019.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan mengetahui signifikansi
penggunaan Media KOKAMI dalam pembelajaran bahasa Arab di Kelas V SD
Muhammadiyah 3 Ambarketawang. Penelitian yang dilakukan penulis yaitu
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimentasi. Sumber data
penelitian terdiri dari siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Ambarketawang,
prosses pembelajaran, guru bahasa Arab kepala Sekolah dan media pembelajaran
berupa KOKAMI. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian yang
dilakukan penulis membagi kelas V kedalam dua kelompok kelas yaitu kelas
Eksperimen dan kelas Kontrol. Hasil rerata nilai pre-test kelas Ekperimen (V-A)
menunjukan 55,1 dan kelas Kontrol (V-B) 57, 1. Sedangkan hasil post-test kelas
Eksperimen menunjukan nilai 80,35 mengalami kenaikan sebesar 25,25 dan kelas
Kontrol menunjukan nilai 69,05 mengalami kenaikan sebesar 11,95. Pengitungan
signifikansi perbedaan kenaikan nilai kelas Eksperimen dan kelas Kontrol
menggunakan Uji T menghasilkan nilai sig. 0.000 < 0.05, maka bernilai sangat
signifikan. Hasil penghitungan uji T dikonsultasikan dengan Hipotesis. Hipotesis
(Ho) ditolak dan menerima Ha berarti terdapat perbedaan hasil belajar kelas
Eksperimen dan kelas Kontro