Browsing Faculty of Language by Author "KUSNENDAR, MUHAMAD"
Now showing items 1-20 of 24
-
ANALISIS BELIEF TERHADAP METODE COLLABORATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MATA KULIAH TSUSHIN
REZFIKA, VIKY (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05-18)Metode Collaborative Learning (CL) telah diterapkan dalam mata kuliah tsushin mahasiswa semester VII Tahun Ajaran 2016/2017. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana belief mahasiswa program studi pendidikan ... -
ANALISIS KESALAHAN PELAFALAN KONSONAN んPADA MAHASISWA TINGKAT I KELAS A ANGKATAN 2015 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
PERTIWI, DIPAYANA (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016-08-01)Pelafalan bahasa Jepang berbeda dengan pelafalan bahasa Indonesia sehingga banyak pembelajar bahasa Jepang yang masih kesulitan dalam melafalkan bunyi dalam bahasa Jepang terutama pada pelafalan ん (N). Meskipun kesalahan ... -
ANALISIS KESALAHAN PENULISAN GAIRAIGO PADA PEMBELAJAR BAHASA JEPANG STUDI DESKRIPTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TINGKAT III TAHUN AJARAN 2013/2014
PUTRI, TENTI JUITA (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016)Gairaigo merupakan kosakata yang istimewa, meskipun berasal dari bahasa Inggris tetapi dalam pemakaiannya harus sesuai dengan aturan-aturan yang ada di dalam bahasa Jepang termasuk tatacara pengucapan dan penulisannya. ... -
ANALISIS KONTRASTIF KEIGO BAHASA JEPANG DENGAN KRAMA BAHASA JAWA DIALEK TEGAL
KUSUMO, PURWO JATI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017)Pada penelitian ini berjudul Analisis Kontrastif Keigo Bahasa Jepang dan Bahasa Jawa Dialek Tegal Kajian Sosiolinguistik. Fokus utama penelitian ini adalah mencari persamaan dan perbedaan berdasarkan situasi penggunaan ... -
ANALISIS KONTRASTIF KESOPANAN UNGKAPAN GOMENNASAI DALAM BAHASA JEPANG DENGAN NYUWUN PANGAPUNTEN DALAM BAHASA JAWA
RISKADANTI, RISKADANTI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-08-10)The mother language will greatly affect by learner in the learning process. Learners will be easier to make sentences or translate sentences when there is a match word. Between gomennasai and nyuwun pangapunten has a sense ... -
ANALISIS KONTRASTIF VERBA ATAERU, AGERU DAN YARU DALAM BAHASA JEPANG DENGAN VERBA MEMBERI DALAM BAHASA INDONESIA
HANDINI, RIZKI MAULINA (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05-13)Salah satu aspek penting yang perlu dipelajari dalam bahasa adalah makna. Pada bahasa Jepang terdapat kosakata yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang menjadi lebih dari satu. Sebagai contoh, verba memberi dalam ... -
ANALISIS MEIREI HYOUGEN DALAM ANIME YOUJO SENKI
FAUZY, TAUFAN SULTAN NUR (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-08-10)Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan berbagai macam bentuk meirei hyougen yang ada dalam bahasa Jepang. Landasan utama penelitian ini dilakukan karena masih banyak pembelajar bahasa Jepang yang belum begitu mengetahui ... -
ANALISIS STRATEGI IRAI HYOUGEN PEMBELAJAR BAHASA JEPANG
JAYANTI, SYEMI HARIANTI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05-12)Penelitian ini berfokus pada analisis strategi irai hyougen yang digunakan oleh pembelajar bahasa Jepang. Selain itu penelitian itu juga berfokus pada alasan pemilihan ungkapan irai hyougen yang digunakan oleh pembelajar ... -
ANALISIS TEIRU PADA NOVEL PENGIN SAMAA KARYA AKIRA MUTSUZUKA
SETIAJI, TEGAR ADHAM (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-12-20)Penelitian ini berjudul Analisis Teiru pada Novel Pengin Samaa Karya Akira Mutsuzuka. Bagi pembelajar bahasa Jepang mengartikan atau memahami sebuah kalimat berbahasa Jepang dengan menggunakan kamus akan mudah. Tetapi jika ... -
ANALISIS WAKAMONO KOTOBA PADA MEDIA SOSIAL TWITTER
ANAS, HAJAR (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-08-10)Wakamono kotoba is one of a variety of language created by the young people in Japan. This study was conducted to know wakamono kotoba which appeared on social media twitter. The purpose of this study are to know the type ... -
KEEFEKTIFAN KARTU KANA AKAITO DALAM ORIENTASI KANA BAHASA JEPANG
ARIFIN, MOHAMAT (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05-18)One of the important factors in learning Japanese language is to master the Japanese characters, especially hiragana and katakana or often called as kana. Basic Japanese language learners especially high school students ... -
KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD STIKER LINE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
PUTRANTO, YUNUS BAGAS (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-08-21)Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media pembelajaran yang sudah umum digunakan yaitu flashcard. Hal yang membedakan adalah media flashcard pada penelitian ini dikombinasikan dengan stiker Line. Stiker Line digunakan ... -
KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN ACAK HURUF HIRAGANA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
AJI, KUKUH SASONGKO (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-11-19)The research entitled about The Effectiveness of the Hiragana Random Letters Game Media to Improve Japanese Vocabulary Comprehension. This study using a true experimental design of quantitative method, with the sample is ... -
KEEFEKTIFAN METODE JIGSAW UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
LINDAWATI, LINDAWATI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017)Kosakata atau dalam bahasa Jepang disebut dengan Goi memiliki jumlah yang sangat banyak. Metode pembelajaran juga memengaruhi pembelajar terhadap pemahaman kosakata tersebut. Hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti ... -
KORELASI ANTARA MINAT PADA BUDAYA JEPANG DENGAN HASIL BELAJAR HURUF DAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
HASANAH, YULI FITRIANI NUR (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-11-17)Proses belajar mengajar didasari oleh minat siswa pada pelajaran yang akan dipelajari. Hal tersebut akan berpengaruh pada motivasi siswa dalam belajar, yang tentunya akan berpengaruh juga pada hasil belajar siswa. Pada ... -
KORELASI KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN KEMAMPUAN BERBICARA
HERDIANTINI, DEVI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-08-10)This research about correlation of listening ability with speaking ability. The purpose of this research is to know the ability of listening and speaking ability as well as to find the correlation of listening with speaking ... -
KORELASI KESIAPAN BELAJAR MANDIRI PEMBELAJAR BAHASA JEPANG DENGAN HASIL BELAJAR SHOCHUKYU KAIWA
FAKHRI, SYAHRUL (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-12-10)The study aims to determine the correlation of self-directed learning readiness with learning result of Shochukyu Kaiwa because readiness is one of the supporting factors for learning result of an individual. The study ... -
KORELASI MOTIVASI BELAJAR BAHASA JEPANG TEHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS X IPS SMAN 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017
NUGROHO, EDI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-12-19)Ada berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Motivasi merupakan hal yang sering dipandang menjadi faktor dominan. Meski demikian harus diakui bahwa faktor kecerdasan dan bakat merupakan modal ... -
PENERAPAN MEDIA LAGU PADA PEMBELAJARAN CHUUJOUKYUU CHOUKAI
WATI, NUARITA SILVIA (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-08-22)Penelitian ini berjudul Penerapan Media Lagu pada Pembelajaran Chuujoukyuu Choukai, Studi Deskriptif Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Tingkat II Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2016-2017. Fokus utama ... -
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KISEKI SETTO (KISETTO) DALAM MATA KULIAH ESSEI SAKUBUN
AHMAD, WIRAFADLY (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-13)This study aims to know the use of Kisetto as learning media in Essei Sakubun course. It has been known that learning media has an impact on the learning result. The study used a descriptive method with qualitative approach. ...