Show simple item record

dc.contributor.authorAL MUTTAQI, ADNAN SHOFA
dc.date.accessioned2018-09-18T06:31:14Z
dc.date.available2018-09-18T06:31:14Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21337
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode muhadsah dalam pembelajaran Bahasa arab dalam meningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab santri pondok pesantren Baitussalam prambanan . Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah dengan menggunakan analisa data kualitatif deskriptif. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, teknik observasi yang digunakan adalah observasi langsung dimana penulis mengadakan pengamatan secara langsung terhadap segala subyek yang diteliti, dan metodepengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi, interview bebas terpimpin. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa penerapan metode muhadatsah dalam pembelajaran Bahasa arab dalam meningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab santri kelas VIIIdi pondok modern baitussalam dapatdikatakan sangat efektif, karena bisa membantu memudahkan pembelajaran Bahasa arab, yaitu dilihat dari pre test dan post test yang mana dari 17 siswa yang mendapatkan nilai diatas 80 ketika pre test sebanyak 2 siswa. Dan setelah mengikuti post tes yang mendapat nilai diatas 80 ada 11 siswa. hanya saja ada sebagian santri yang kurang semangat karena belom bisa memaknai pentingnya mempelajari Bahasa arab yaitu dilihat dari post tes yang nilainya kurang dari 80 sebnyak 2 siswa. maka dari itu musrif sering memberi motivasi tentang Bahasa arab dengan kata mutiara Bahasa arab atau biasa disebut mahfudzot.. Dan juga peran musrif sangat membantu dalam penerapan metode ini, karena musyrif yang menjalankan semua disiplin keseharian maupun disiplin Bahasa santri, termasuk muhadasah ini adalah cara meningkatkan Bahasa santri dalam berbicara Bahasa arab di dalam pondok maupun didalam kelas.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode muhadsah dalam pembelajaran Bahasa arab dalam meningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab santri pondok pesantren Baitussalam prambanan . Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah dengan menggunakan analisa data kualitatif deskriptif. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, teknik observasi yang digunakan adalah observasi langsung dimana penulis mengadakan pengamatan secara langsung terhadap segala subyek yang diteliti, dan metodepengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi, interview bebas terpimpin. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa penerapan metode muhadatsah dalam pembelajaran Bahasa arab dalam meningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab santri kelas VIIIdi pondok modern baitussalam dapatdikatakan sangat efektif, karena bisa membantu memudahkan pembelajaran Bahasa arab, yaitu dilihat dari pre test dan post test yang mana dari 17 siswa yang mendapatkan nilai diatas 80 ketika pre test sebanyak 2 siswa. Dan setelah mengikuti post tes yang mendapat nilai diatas 80 ada 11 siswa. hanya saja ada sebagian santri yang kurang semangat karena belom bisa memaknai pentingnya mempelajari Bahasa arab yaitu dilihat dari post tes yang nilainya kurang dari 80 sebnyak 2 siswa. maka dari itu musrif sering memberi motivasi tentang Bahasa arab dengan kata mutiara Bahasa arab atau biasa disebut mahfudzot.. Dan juga peran musrif sangat membantu dalam penerapan metode ini, karena musyrif yang menjalankan semua disiplin keseharian maupun disiplin Bahasa santri, termasuk muhadasah ini adalah cara meningkatkan Bahasa santri dalam berbicara Bahasa arab di dalam pondok maupun didalam kelas.en_US
dc.publisherFAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectBahasa Arab, ketrampilan berbicara, Efektifitasen_US
dc.titlePENERAPAN METODE MUHADASAH UNTUK KELAS VIII DI SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record