Browsing Dinamika Perkembangan Bahasa Jepang di Indonesia by Title
Now showing items 7-26 of 28
-
DINAMIKA PERKEMBANGAN PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DI INDONESIA DAN PERMASALAHANNYA
(UMY, 2017)Pendidikan bahasa Jepang secara formal di Indonesia sudah berjalan lebih dari 50 tahun. Banyak perkembangan dan kemajuan yang telah dicapainya, tetapi masih banyak masalah yang masih tersisa. Masalah yang dialami pembelajar ... -
EFEKTIVITAS APLIKASI ANDROID “KATAKANA MEMORY HINT” DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF KATAKANA DI KELAS MINOR BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Penelitian ini meneliti keefektifitasan aplikasi android “Katakana Memory Hint” dalam pembelajaran huruf Jepang Katakana pada kelas minor Bahasa Jepang. Pada penelitian ini akan difokuskan pada salah satu huruf Jepang ... -
EVALUASI PENGAJARAN BAHASA JEPANG DI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
(UMY, 2017)Bahasa Jepang di lingkungan Universitas Kristen Satya Wacana sudah tidak asing lagi karena sudah diajarkan sejak tahun 1985. Pada awalnya Bahasa Jepang diajarkan pada program professional dan Usaha Perjalanan Wisata. ... -
HEDGES ~ TO OMOIMASU PADA WAWANCARA INTERAKTIF DI UNIVERSITAS KITA KYUUSHUU JEPANG
(UMY, 2017)Hedges ~ to omoimasu dalam bahasa Jepang digunakan pada akhir kalimat yang tujuannya untuk menyampaikan ide/pendapat. Hedges “~ to omoimasu” berarti “menurut saya, pendapat saya, saya pikir”. Fungsinya adalah mengurangi ... -
INTERFERENSI GRAMATIKAL BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
(UMY, 2017)Interferensi sebagai konsekuensi dari adanya kontak bahasa adalah fenomena kebahasaan yang tidak dapat dihindarkan, salah satu bentuk interferensi yang dibahas dalam penelitian ini adalah interferensi gramatikal bahasa ... -
KEEFEKTIVAN PENERAPAN KURIKULUM TAHUN 2012 PADA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES
(UMY, 2017)Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang sejak menerima mahasiswa tahun 2005 hingga tahun 2017 ini melakukan perbaikan kurikulum secara berkelanjutan demi tercapainya tujuan pembelajarannya. Pada tahun ... -
KESALAHAN PENGGUNAAN ASPEK DALAM KARANGAN BAHASA JEPANG (SAKUBUN)
(UMY, 2017)Kesalahan dalam penggunaan Aspek dalam sakubun pembelajar bahasa Jepang pada umumnya adalah bentuk ~Suru, bentuk ~Shita, bentuk ~Shite iru dan bentuk ~Shite ita. Kesalahan ini berakibat adanya kekeliruan dalam memahami ... -
KESANTUNAN BERTUTUR MAHASISWA DENGAN DOSEN JEPANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI DALAM KELAS
(UMY, 2017)Kesantunan bertutur dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan mahasiswa sebagai penerima ilmu dari pengajar tentu saja harus menghormati pengajarnya. Orang Jepang pada saat bertutur ... -
KOMUNIKASI YANG BERADAB DALAM KAJIAN EUFEMISME MASYARAKAT TUTUR JEPANG
(UMY, 2017)Bahasa merupakan alat berkomunikasi manusia. Bahasa memberikan vitalitas penting kepada individu dalam struktur sosial yang diikat norma-norma dan kebiasaan. Penutur dalam berkomunikasi harus cermat dan pandai memilih ... -
MODALITAS GAIZEN ‘KEMUNGKINAN’ KA MO SHIRENAI BAHASA JEPANG DAN PADANANNYA DALAM BAHASA INDONESIA
(UMY, 2017)Kesulitan utama dalam memberikan padanan yang sesuai antara pengungkap modalitas bahasa Jepang dan bahasa Indonesia disebabkan oleh perbedaan bentuk pengungkapnya. Bahasa Jepang umumnya diungkapkan dalam bentuk gramatikal ... -
MUATAN BUDI PEKERTI DALAM DONGENG BERJUDUL “TENGUNO KAKUREMINO”
(UMY, 2017)Setiap karya sastra mengandung ajaran budi pekerti yang merupakan amanat cerita. Salah satu karya sastra yang terdapat muatan nilai budi pekerti adalah dongeng yang berjudul “Tenguno Kakuremino”. Permasalahan dalam penelitian ... -
PENERAPAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN CHOUKAI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NIHONJIJO
(UMY, 2017)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan Nihonjijo dan rendahnya kemampuan menulis yang berkaitan dengan apa yang dipahaminya dari pembelajaran menyimak (choukai) pada mahasiswa semester V. Pendekatan ... -
PENERAPAN PROJECT WORK DALAM PEMBELAJARAN KAIWA
(UMY, 2017)Penelitian ini menganalisis penggunaan Project Work dalam pembelajaran Jitsuyou Kaiwa untuk mengembangkan keterampilan bahasa, motivasi dan keaktifan mahasiswa. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap mahasiswa Universitas ... -
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRODI PBJ UNNES MENGENAI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU
(UMY, 2017)Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan utuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai profesi guru dan untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi mengenai profesi guru terhadap ... -
PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PENGAJARAN BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan multimedia pengajaran bahasa Jepang “Tensai”, terhadap peningkatan kemampuan siswa/i pembelajar bahasa Jepang di tingkat Sekolah menengah Atas (SMA) ... -
PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG MELALUI TEKNIK AKROSTIK PADA MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
(UMY, 2017)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan kosakata bahasa Jepang pada mahasiswa tingkat I Program Studi Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara melalui pembelajaran yang efektif dan variatif. Penelitian ini ... -
PENYELAMATAN MUKA TINDAK TUTUR AJAKAN BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Ada dua masalah yang berusaha untuk dibahas dalam penelitian ini yaitu, 1) strategi tindak tutur ajakan; dan 2) strategi kesantunan yang digunakan oleh pembelajar bahasa Jepang di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. ... -
PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA CARD SORT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media card sort yang digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Media card sort digunakan untuk mengatasi masalah belajar yang dialami ... -
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PENGAJARAN BAHASA JEPANG DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PERIODE 1992-2013)
(UMY, 2017)Makalah ini merupakan bagian dari serangkaian hasil penelitian yang diadakan oleh Tim Peneliti Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada pada tahun 2013. Beberapa permasalahan yang dibahas ... -
STRATEGI PENGUASAAN TEKS TULIS BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Berbeda dengan bahasa yang lain, teks tulis di dalam bahasa Jepang memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu ditulis dengan 4 jenis huruf : Kanji, Hiragana, Katakana, dan Roumaji. Hal ini menjadikan teks tulis bahasa Jepang ...