Browsing Master of Hospital Management by Title
Now showing items 249-267 of 267
-
PERSEPSI KEPATUHAN TENAGA KESEHATAN DALAM PENERAPAN TRIASE TERHADAP KETEPATAN PENANGANAN PASIEN INSTALASI GAWAT DARURAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TEMANGGUNG
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Latar Belakang : Instalasi gawat darurat sangat membutuhkan sistem triase, yaitu sistem yang digunakan mengidentifikasi pasien dengan akibat kemungkinan cidera yang mengancam jiwa dan kecacatan, tetapi kepatuhan petugas ... -
PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI DOKTER TENTANG DAMPAK AKREDITASI RUMAH SAKIT TERHADAP PROSES PENDIDIKAN DI RUMAH SAKIT
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Teaching hospitals are an important part of the health system, also playing an important role in the medical education process. Teaching hospitals must meet the minimum quality or standards assessed through the hospital ... -
PERSEPSI PERAWAT TERHADAP PENERAPAN SISTEM INSENTIF PELAYANAN TENAGA PERAWAT RAWAT INAP DI RS PKU MUHAMADIYAH BANTUL
(PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2013)Hasil penelitian menunjukan persepsi perawat terhadap penerapan sistem insentif pelayanan tenaga perawat rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Bantul dalam kategori cukup sehingga perlu dilakukan evaluasi pada sistem tersebut -
PERSEPSI PERAWAT TERHADAP PREVALENSI PERILAKU AGRESIF PASIEN DI RUMAH SAKIT JIWA GRHASIA
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2020-01-11)Background: One of the problems that often occurs in mental patients is aggressive behavior. This behavior requires immediate treatment because it can endanger the patient, others, and the environment. Nurses often get ... -
PERSEPSI PESERTA PELATIHAN CALON PEMBIMBING LAPANGAN DOKTER LAYANAN PRIMER YANG MAGANG STASE RUMAH SAKIT DI RS PKU MUHAMMADIYAH GAMPING YOGYAKARTA TENTANG PARADIGM SHIFTING DAN RUJUKAN PASIEN
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Sebanyak 2,2 Juta pasien yang berobat di FKTP, khususnya puskesmas, sekitar 15,3% diantaranya dirujuk ke RS. Hasil evaluasi didapatkan bahwa dari total pasien yang dirujuk, 214.706 kasus diantaranya terbukti tidak ... -
PERSEPSI PETUGAS KESEHATAN TERHADAP FAKTOR RESIKO MEDICATION ERROR PADA PELAYANAN RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT AT-TUROTS AL ISLAMI
(MAGISTER ADMINISTRASI RUMAH SAKIT PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2020-06-20)Background : Health workers have a responsibility in preventing medication errors that occur from the prescription process to the administration of drugs. Medication errors are serious problems that have an impact on ... -
POTENSI FRAUD PADA FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA DI KABUPATEN NGANJUK
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT, 2018)Latar Belakang: Penelitian ini membahas potensi fraud pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Fraud lebih sering di kaitkan dengan fasilitas kesehatan tingkat lanjut (FKTL) yaitu rumah sakit, sehingga fraud di ... -
PROSES REDISAIN ALUR WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DI RS MATA DR YAP YOGYAKARTA
(MAGISTER ADMINISTRASI RUMAH SAKIT PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2020-01-05)Background: One of the key aspects to win the customer satisfaction is by reducing waiting time in outpatient. “Dr. Yap” Eye Hospital is a specialized eye hospital that registered as a cultural heritage building, serving ... -
RASIONALITAS PEMBERIAN ANTIBIOTIK DI ICU RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL SELAMA TAHUN 2015
(MMR UMY, 2018-10-20)Latar Belakang: Penyakit infeksi masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang penting, khususnya di negara berkembang. Kenyataan menunjukkan bahwa di negara –negara yang sedang berkembang urutan penyakit-penyakit ... -
RENCANA STRATEGI PENGELOLAAN PELAYANAN JANTUNG TERPADU (PJT) DI RUMAH SAKIT ISLAM KLATEN
(MAGISTER ADMINISTRASI RUMAH SAKIT PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2020-06-20)Background: Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) RSI Klaten has new strategy in its management. PJT is a new facility in Klaten and become the only referral for cardiovascular cases in Klaten region. Therefore, PJT RSI Klaten ... -
SIMULASI ANALISIS PERBEDAAN KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN DAN STRATEGINYA
(MMR UMY, 2018-10-01)Latar Belakang: Sebagain besar Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama mengalami peningkatan kapitasi, namun dengan adanya indikator komitmen pelayanan yang harus dipenuhi, akan menurunkan kapitasi aktual yang diterima. Tidak ... -
STRATEGI NILAI TAMBAH (VALUE ADDED) PENGGUNAAN TEKNOLOGI LAPAROSKOPI DI RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH BANTUL
(PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2012-05-11)Latar belakang:Industri pelayanan jasa rumah sakit yang semakin kompetitif membuat rumah sakit berlomba-lomba untuk melakukan inovasi teknologi. Demikian pula dengan RSU PKU Muhammadiyah Bantul, melihat peluang pasar yang ... -
STRATEGI PEMASARAN EYE CENTER DI ASRI MEDICAL CENTER BERDASAR ANALISIS SWOT
(PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2014-01-09)Eye center AMC merupakan bisnis jasa pelayanan kesehatan di bidang kesehatan mata yang baru dibuka pada bulan juni 2010. Sebagai pendatang baru dalam pelayanan kesehatan mata, maka diperlukan perencanaan yang strategis ... -
STUDI BENCHMARKING FAKTOR INTERNAL FISIK INSTALASI RAWAT JALAN RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL DAN RS PKU MUHAMMADIYAH GAMPING
(MMR UMY, 2018-10-20)Latar Belakang: Instalasi pelayanan rawat jalan merupakan indikator yang dapat memperlihatkan tingkat kesadaran masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan. Semakin tinggi jumlah pasien rawat jalan dapat menunjukkan semakin ... -
SURVEILANS BLOODSTREAM INFECTION PADA PASIEN HEMODIALISIS DI KLINIK NITIPURAN HEALTH CENTER
(MAGISTER ADMINISTRASI RUMAH SAKIT PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-11-01)Background: Infectious disease is one of the health problem in the world, including Indonesia. Infection can originate from the community or hospital environment (HAIs). HAIs that often occurs in hospital is Bloodstream ... -
TINGKAT KESIAPSIAGAAN BENCANA DAN ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN HOSPITAL DISASTER PLAN DI RSUD KOTA YOGYAKARTA
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-11-25)Introduction: Hospital is a public facility that has an obligation to continue to operate fully even when disaster occurs. In any disaster situation that results in a surge in patients, hospitals are expected to provide ... -
UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENILAIAN RESIKO BUNUH DIRI DI RSJD DR RM SOEDJARWADI KLATEN
(MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2020-01-14)Background: Psychiatric patient committed suicide risk 3-12 times greater than non-psychiatric patients. Fifteen percent of them committed suicide during the hospitalization. To reduce the incidence and prevent suicide ... -
UPAYA PENINGKATAN PERILAKU PERAWAT MELALUI PENERAPAN SURGICAL SAFETY CHECKLIST DI RSIA 'AISYIYAH KLATEN
(PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2013-11-22)Kualitas dan pelayanan pembedahan adalah salah satu pelayanan kesehatan esensial yang masih dicemaskan. World Health Organization membuat program Surgical Safety yang dapat diaplikasikan di semua kamar operasi di seluruh ... -
USABILITY DALAM USER EXPERIENCE PADA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UMY
(MMR UMY, 2018-08-27)Latar Belakang: Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai rumah sakit pendidikan harus memiliki sistem informasi yang menunjang kegiatan dan aktivitas operasionalnya. Sistem informasi ini ...