EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PERBEHANDARAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SDIT INSAN UTAMA BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan media crossword puzzle
dalam meningkatkan perbendaharaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas IV SDIT
Insan Utama Bantul, (2) mengetahui efektifitas media crossword puzzle dalam
meningkatkan perbendaharaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas IV SDIT Insan
Utama Bantul.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV C di SDIT Insan Utama Bantul
yang berjumlah 31 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan
merupakan penelitian Pre Experimental One Group Pretest-Posttest Design. Teknik
pengumpulan data memakai metode pretest dan posttest, observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk mengetahui efektifitas media crossword puzzle dalam
meningkatkan perbendaharaan kosakata Bahasa Arab peneliti menggunakan uji thitung.
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran Bahasa Arab dengan pemberian
treatment yang dibantu dengan media crossword puzzle. Kajiannya dilatarbelakangi
oleh kegiatan proses belajar mengajar di dalam kelas yang monoton dan juga
mengahafalkan kosakata yang ada dengan metode hafalan pada umumnya.
Hasil rata-rata nilai pretest adalah 75,36. kemudian setelah pemberian treatment ada
peningkatan rat-rata nilai posttest yaitu 86,66. Perbendaharaan kosakata mereka juga
bertambah dari yang sebelumnya. Adapun hasil pengolahan uji t-hitung dengan
software SPSS 15.0 menunjukkan bahwa nilai sig= 0,001. Nilai sig < 0,05 maka Ha
diterima dan Ho ditolak. Jadi, media crossword puzzle efektif untuk meningkatkan
perbendaharaan kosakata Bahasa Arab siswa