01. BOOKS: Recent submissions
Now showing items 1341-1360 of 2406
-
ALIENASI TOKOH C DALAM NOVEL HAKO OTOKO KARYA ABE KOBO
(UMY, 2017)Novel mencerminkan realitas, tidak dengan melukiskan wajah yang hanya tampak pada permukaan, tetapi dengan memberikan kepada kita sebuah pencerminan realitas yang lebih benar, lebih lengkap, lebih hidup, dan lebih dinamik. ... -
DESKRIPSI RANAH PRIVASI DALAM KOMUNIKASI MASYARAKAT PEKERJA (SHAKAIJIN) PENUTUR BAHASA JEPANG DAN PENUTUR BAHASA INDONESIA
(UMY, 2017)Topik pembicaraan merupakan hal yang penting untuk menghidupkan suatu percakapan. Namun jika topik pembicaraan tersebut menyinggung privasi mitra tutur maka memungkinkan terjadi kesalahpahaman. Kesalahpamahan lebih ... -
TERJEMAHAN NAMA ASING DARI BAHASA JEPANG KE BAHASA INDONESIA PADA CERPEN LARILAH, MELOS!
(UMY, 2017)Terjemahan nama yang tepat untuk nama-nama orang lebih sulit dilakukan dibanding dengan penerjamahan untuk nama-nama yang bersifat geografis. Hal ini terutama terjadi pada kata serapan bahasa asing yang dinaturalisasikan ... -
UNGKAPAN AKHIR KALIMAT –TE SHIMAU
(UMY, 2017)Penelitian ini membahas ungkapan akhir kalimat TE SHIMAU. Ungkapan ini merupakan salah satu bagian dari aspek yang menyatakan berakhir atau hasil dari suatu kegiatan. Dalam penelitian ini, TE SHIMAU akan ditinjau dari segi ... -
KESANTUNAN BERTUTUR MAHASISWA DENGAN DOSEN JEPANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI DALAM KELAS
(UMY, 2017)Kesantunan bertutur dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan mahasiswa sebagai penerima ilmu dari pengajar tentu saja harus menghormati pengajarnya. Orang Jepang pada saat bertutur ... -
DAMPAK PERUBAHAN KURIKULUM PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG TERHADAP PRESTASI MAHASISWA SASTRA JEPANG FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN 2007- 2017
(UMY, 2017)Kurikulum pada perguruan tinggi adalah seperangkat mata kuliah yang ditujukan untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai ... -
PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG MELALUI TEKNIK AKROSTIK PADA MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
(UMY, 2017)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan kosakata bahasa Jepang pada mahasiswa tingkat I Program Studi Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara melalui pembelajaran yang efektif dan variatif. Penelitian ini ... -
EFEKTIVITAS APLIKASI ANDROID “KATAKANA MEMORY HINT” DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF KATAKANA DI KELAS MINOR BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Penelitian ini meneliti keefektifitasan aplikasi android “Katakana Memory Hint” dalam pembelajaran huruf Jepang Katakana pada kelas minor Bahasa Jepang. Pada penelitian ini akan difokuskan pada salah satu huruf Jepang ... -
HEDGES ~ TO OMOIMASU PADA WAWANCARA INTERAKTIF DI UNIVERSITAS KITA KYUUSHUU JEPANG
(UMY, 2017)Hedges ~ to omoimasu dalam bahasa Jepang digunakan pada akhir kalimat yang tujuannya untuk menyampaikan ide/pendapat. Hedges “~ to omoimasu” berarti “menurut saya, pendapat saya, saya pikir”. Fungsinya adalah mengurangi ... -
KOMUNIKASI YANG BERADAB DALAM KAJIAN EUFEMISME MASYARAKAT TUTUR JEPANG
(UMY, 2017)Bahasa merupakan alat berkomunikasi manusia. Bahasa memberikan vitalitas penting kepada individu dalam struktur sosial yang diikat norma-norma dan kebiasaan. Penutur dalam berkomunikasi harus cermat dan pandai memilih ... -
KESALAHAN PENGGUNAAN ASPEK DALAM KARANGAN BAHASA JEPANG (SAKUBUN)
(UMY, 2017)Kesalahan dalam penggunaan Aspek dalam sakubun pembelajar bahasa Jepang pada umumnya adalah bentuk ~Suru, bentuk ~Shita, bentuk ~Shite iru dan bentuk ~Shite ita. Kesalahan ini berakibat adanya kekeliruan dalam memahami ... -
PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA CARD SORT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media card sort yang digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Media card sort digunakan untuk mengatasi masalah belajar yang dialami ... -
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRODI PBJ UNNES MENGENAI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU
(UMY, 2017)Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan utuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai profesi guru dan untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi mengenai profesi guru terhadap ... -
PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PENGAJARAN BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan multimedia pengajaran bahasa Jepang “Tensai”, terhadap peningkatan kemampuan siswa/i pembelajar bahasa Jepang di tingkat Sekolah menengah Atas (SMA) ... -
PENYELAMATAN MUKA TINDAK TUTUR AJAKAN BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Ada dua masalah yang berusaha untuk dibahas dalam penelitian ini yaitu, 1) strategi tindak tutur ajakan; dan 2) strategi kesantunan yang digunakan oleh pembelajar bahasa Jepang di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. ... -
ANALISIS PERBANDINGAN MAKNA KAN’YOKU BAHASA JEPANG YANG TERBENTUK DARI KATA ‘ATAMA’ DENGAN IDIOM BAHASA INDONESIA
(UMY, 2017)Penelitian ini membandingkan idiom dalam Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklarifikasi perbedaan dan persamaan antara keduanya dalam arti makna, kata dan struktur. Data yang ... -
MODALITAS GAIZEN ‘KEMUNGKINAN’ KA MO SHIRENAI BAHASA JEPANG DAN PADANANNYA DALAM BAHASA INDONESIA
(UMY, 2017)Kesulitan utama dalam memberikan padanan yang sesuai antara pengungkap modalitas bahasa Jepang dan bahasa Indonesia disebabkan oleh perbedaan bentuk pengungkapnya. Bahasa Jepang umumnya diungkapkan dalam bentuk gramatikal ... -
KEEFEKTIVAN PENERAPAN KURIKULUM TAHUN 2012 PADA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES
(UMY, 2017)Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang sejak menerima mahasiswa tahun 2005 hingga tahun 2017 ini melakukan perbaikan kurikulum secara berkelanjutan demi tercapainya tujuan pembelajarannya. Pada tahun ... -
INTERFERENSI GRAMATIKAL BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
(UMY, 2017)Interferensi sebagai konsekuensi dari adanya kontak bahasa adalah fenomena kebahasaan yang tidak dapat dihindarkan, salah satu bentuk interferensi yang dibahas dalam penelitian ini adalah interferensi gramatikal bahasa ... -
STRATEGI PENGUASAAN TEKS TULIS BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Berbeda dengan bahasa yang lain, teks tulis di dalam bahasa Jepang memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu ditulis dengan 4 jenis huruf : Kanji, Hiragana, Katakana, dan Roumaji. Hal ini menjadikan teks tulis bahasa Jepang ...