Dinamika Perkembangan Bahasa Jepang di Indonesia: Recent submissions
Now showing items 1-20 of 28
-
EVALUASI PENGAJARAN BAHASA JEPANG DI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
(UMY, 2017)Bahasa Jepang di lingkungan Universitas Kristen Satya Wacana sudah tidak asing lagi karena sudah diajarkan sejak tahun 1985. Pada awalnya Bahasa Jepang diajarkan pada program professional dan Usaha Perjalanan Wisata. ... -
DINAMIKA PERKEMBANGAN BAHASA JEPANG DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG
(UMY, 2017)Program bahasa Jepang di Universitas Brawijaya Malang diawali dengan dibukanya program D1 pada tahun 2001, berkembang menjadi D3 dan berkembang lagi menjadi program S1 Sastra Jepang pada tahun 2007 hingga saat ini. Dengan ... -
PENERAPAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN CHOUKAI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NIHONJIJO
(UMY, 2017)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan Nihonjijo dan rendahnya kemampuan menulis yang berkaitan dengan apa yang dipahaminya dari pembelajaran menyimak (choukai) pada mahasiswa semester V. Pendekatan ... -
MUATAN BUDI PEKERTI DALAM DONGENG BERJUDUL “TENGUNO KAKUREMINO”
(UMY, 2017)Setiap karya sastra mengandung ajaran budi pekerti yang merupakan amanat cerita. Salah satu karya sastra yang terdapat muatan nilai budi pekerti adalah dongeng yang berjudul “Tenguno Kakuremino”. Permasalahan dalam penelitian ... -
BELIEF PEMBELAJAR BAHASA JEPANG TERHADAP STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DALAM PERKULIAHAN CHUJOKYU DOKKAI
(UMY, 2017)Metode Student Centered Learning (SCL) berbasis JF Standard telah diterapkan dalam mata kuliah Chujokyu Dokkai Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini berfokus pada belief pembelajar bahasa Jepang terhadap kegiatan SCL ... -
PENERAPAN PROJECT WORK DALAM PEMBELAJARAN KAIWA
(UMY, 2017)Penelitian ini menganalisis penggunaan Project Work dalam pembelajaran Jitsuyou Kaiwa untuk mengembangkan keterampilan bahasa, motivasi dan keaktifan mahasiswa. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap mahasiswa Universitas ... -
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PENGAJARAN BAHASA JEPANG DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PERIODE 1992-2013)
(UMY, 2017)Makalah ini merupakan bagian dari serangkaian hasil penelitian yang diadakan oleh Tim Peneliti Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada pada tahun 2013. Beberapa permasalahan yang dibahas ... -
ALIENASI TOKOH C DALAM NOVEL HAKO OTOKO KARYA ABE KOBO
(UMY, 2017)Novel mencerminkan realitas, tidak dengan melukiskan wajah yang hanya tampak pada permukaan, tetapi dengan memberikan kepada kita sebuah pencerminan realitas yang lebih benar, lebih lengkap, lebih hidup, dan lebih dinamik. ... -
DESKRIPSI RANAH PRIVASI DALAM KOMUNIKASI MASYARAKAT PEKERJA (SHAKAIJIN) PENUTUR BAHASA JEPANG DAN PENUTUR BAHASA INDONESIA
(UMY, 2017)Topik pembicaraan merupakan hal yang penting untuk menghidupkan suatu percakapan. Namun jika topik pembicaraan tersebut menyinggung privasi mitra tutur maka memungkinkan terjadi kesalahpahaman. Kesalahpamahan lebih ... -
TERJEMAHAN NAMA ASING DARI BAHASA JEPANG KE BAHASA INDONESIA PADA CERPEN LARILAH, MELOS!
(UMY, 2017)Terjemahan nama yang tepat untuk nama-nama orang lebih sulit dilakukan dibanding dengan penerjamahan untuk nama-nama yang bersifat geografis. Hal ini terutama terjadi pada kata serapan bahasa asing yang dinaturalisasikan ... -
UNGKAPAN AKHIR KALIMAT –TE SHIMAU
(UMY, 2017)Penelitian ini membahas ungkapan akhir kalimat TE SHIMAU. Ungkapan ini merupakan salah satu bagian dari aspek yang menyatakan berakhir atau hasil dari suatu kegiatan. Dalam penelitian ini, TE SHIMAU akan ditinjau dari segi ... -
KESANTUNAN BERTUTUR MAHASISWA DENGAN DOSEN JEPANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI DALAM KELAS
(UMY, 2017)Kesantunan bertutur dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan mahasiswa sebagai penerima ilmu dari pengajar tentu saja harus menghormati pengajarnya. Orang Jepang pada saat bertutur ... -
DAMPAK PERUBAHAN KURIKULUM PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG TERHADAP PRESTASI MAHASISWA SASTRA JEPANG FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN 2007- 2017
(UMY, 2017)Kurikulum pada perguruan tinggi adalah seperangkat mata kuliah yang ditujukan untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai ... -
PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG MELALUI TEKNIK AKROSTIK PADA MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
(UMY, 2017)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan kosakata bahasa Jepang pada mahasiswa tingkat I Program Studi Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara melalui pembelajaran yang efektif dan variatif. Penelitian ini ... -
EFEKTIVITAS APLIKASI ANDROID “KATAKANA MEMORY HINT” DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF KATAKANA DI KELAS MINOR BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Penelitian ini meneliti keefektifitasan aplikasi android “Katakana Memory Hint” dalam pembelajaran huruf Jepang Katakana pada kelas minor Bahasa Jepang. Pada penelitian ini akan difokuskan pada salah satu huruf Jepang ... -
HEDGES ~ TO OMOIMASU PADA WAWANCARA INTERAKTIF DI UNIVERSITAS KITA KYUUSHUU JEPANG
(UMY, 2017)Hedges ~ to omoimasu dalam bahasa Jepang digunakan pada akhir kalimat yang tujuannya untuk menyampaikan ide/pendapat. Hedges “~ to omoimasu” berarti “menurut saya, pendapat saya, saya pikir”. Fungsinya adalah mengurangi ... -
KOMUNIKASI YANG BERADAB DALAM KAJIAN EUFEMISME MASYARAKAT TUTUR JEPANG
(UMY, 2017)Bahasa merupakan alat berkomunikasi manusia. Bahasa memberikan vitalitas penting kepada individu dalam struktur sosial yang diikat norma-norma dan kebiasaan. Penutur dalam berkomunikasi harus cermat dan pandai memilih ... -
KESALAHAN PENGGUNAAN ASPEK DALAM KARANGAN BAHASA JEPANG (SAKUBUN)
(UMY, 2017)Kesalahan dalam penggunaan Aspek dalam sakubun pembelajar bahasa Jepang pada umumnya adalah bentuk ~Suru, bentuk ~Shita, bentuk ~Shite iru dan bentuk ~Shite ita. Kesalahan ini berakibat adanya kekeliruan dalam memahami ... -
PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA CARD SORT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media card sort yang digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Media card sort digunakan untuk mengatasi masalah belajar yang dialami ... -
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRODI PBJ UNNES MENGENAI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU
(UMY, 2017)Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan utuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai profesi guru dan untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi mengenai profesi guru terhadap ...