Browsing Department of Arabic Education by Title
Now showing items 10-29 of 66
-
EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PERBEHANDARAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SDIT INSAN UTAMA BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-12-20)Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan media crossword puzzle dalam meningkatkan perbendaharaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas IV SDIT Insan Utama Bantul, (2) mengetahui efektifitas media crossword ... -
EFEKTIFITAS METODE AUDIOLINGUAL DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VA SD MUHAMMADIYAH III AMBARKETAWANG SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2018/2019)
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-12-20)Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peran metode audiolingual dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas V A SD Muhammadiyah III Ambarketawang (2) Mengetahui efektivitas ... -
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BUKU “AL-ARABIYAH BAINA YADAIK” SEBAGAI SUMBER BAHAN AJAR DI SEMESTER SATU KELAS A MATA KULIAH ISTIMA’ WAL KALAM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUAHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2019-2020
(FPB UMY, 2020)Efektifitas pengunaan buku “Al-Arabiyah Baina Yadaik” jilid 1 sebagai sumber bahan ajar di mahasiswa semester 1 kelas A dalam mata kuliah istima’ wal kalam prodi Pendidikan Bahasa Arab universitas Muhammadiyah Yogyakarta ... -
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION TERHADAP PENINGKATAN MAHARAH KALAM BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020
(FPB UMY, 2020)يتناول هذا البحث فعالية طريقة التحفيظ والتقليد مطبقة لطالب الصف الرابع في املدرسةاالبتدائية أمباركتوانج الثالثةيوكياكرتا في ترقيةمهارةكالمهم باللغةالعربية. و تحدد الباحثةعينة بحثها بخمسة و ستين طالبا. و استخدمت الباحثة ... -
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KITAB “AL-ARABIYYAH LIN-NASYI’IN” STUDI DESKRIPTIF DI KELAS VII MTS HIDAYATULLAH NGAGLIK SLEMAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2018/2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-03-06)Bahasa Arab adalah suatu alat komunikasi yang ada di Jazirah Arab dan Asia Tengah. Bahasa Arab juga merupakan bahasa Al-Qur’an yakni kalam Allah SWT dan Hadits. Keterampilan bahasa Arab ada empat keterampilan yaitu ... -
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA STUDI EKSPERIMEN: DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 NGABEAN YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-11)Latar belakang: Berawal dari akar masalah yang disampaikan oleh guru pengajar bahasa arab SD Muhammadiyah 2 Ngabean bahwa siswa SD kelas 4 mengalami penurunan prestasi belajar terutama dalam hal penguasaan kosa kata baru ... -
EFEKTIVITAS PERMAINAN KARTU PINTAR KARF (KARTU SHOROF) DALAM PEMBELAJARAN ILMU SHOROF (STUDI EKSPERIMEN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA SEMESTER 4 PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB TAHUN AJARAN 2017/2018)
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-08-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitan penggunaan media Permainan Karf (Kartu Shorof) dalam pembelajaran Ilmu Shorof terhadap mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ... -
EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN MENCOCOKKAN KATA BAHASA ARAB DAN GAMBAR SISWA KELAS III SDIT INSAN UTAMA BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019 : PENELITIAN EKSPERIMEN DAN KONTROL
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan teknik permainan mencocokkan kata dan gambar, (2) dan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab setelah pemberian treatment. Sampel ... -
KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENGUASAAN MUFRADHAT BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP IT BINA UMAT TAHUN AJARAN 2018/2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-11-13)Penelitian ini membahas tentang keefektifan media audio visual dalam penguasaan Mufradat Bahasa Arab pada siswi kelas VIIB di SMP IT Bina Umat tahun ajaran 2018-2019 sejumlah 39 siswi. Fokus kajian dari penelitian ini ... -
KETERKAITAN ANTARA AKTIVITAS MENGHAFAL ALQUR’AN DAN KEMAMPUAN QIRA’AH MAHASISWA (STUDI DESKRIPTIF PADA MAHASISWA SEMESTER 1 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNVIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
(FPBUMY, 2020)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas menghafal Al-Qur’an dan tingkat kemampuan qira’ah mahasiswa semester 1 di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019, ... -
OTOMATISASI PEMBERI PAKAN IKAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-04-22)In making a tool titled "Automation of Fish Feeding Based on Internet of Things (IoT)" has a goal that is to facilitate the treatment of fish in the aquarium, especially in feeding, so that when the fish keeper has a busy ... -
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL (ANIMASI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSA -KATA BAHASA ARAB SISWA TK PGRI PASERAMAN ARJASA SUMENEP TAHUN 2018/2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-12-20)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan media audio visual (animasi) dalam proses pembelajaran bahasa arab di dalam kelas TK PGRI Paseraman Arjasa tahun 2018/2019, terkait pemanfaatan media audio visual ... -
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISME PADA SISWI KELAS 1 SMP IT BINA UMAT YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-11)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Bahasa arab pada kelas satu berdasarkan teori behaviorisme di SMP IT Bina Umat Yogyakarta. Dan penelitian ini juga melihat motivasi siswa dalam pembelajaran, dimana ... -
PENERAPAN BERMAIN GAMBAR TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL QUDWAH POGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018 – 2019
(FPB UMY, 2020)Latar Belakang: Berdasarkan hasil observasi di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018-2019, Masih ditemukan guru yang menggunakan metode ceramah, dalam penyampaian materi kepada siswa, sehingga ... -
PENERAPAN MEDIA KOTAK BARANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYYAH SENGGOTAN BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-11)Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran bahasa Arab dan kurangnya minat siswa kelas IV SD Muhammadiyyah Senggotan Bantul dalam mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti ... -
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MAHAROTUL QIRO’AH SISWA KELAS VI SD MUHAMMADIYYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-03-06)Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan media pembelajaran card sort dalam meningkatkan maharotul qiro’ah bahasa Arab kelas VI B SD Muhammadiyyah Ambarketawang 3 Yogyakarta, (2) mengetahui efektivitas media ... -
PENERAPAN MEDIA POWER POINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-11)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media power point dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa arab kelas X Madarsaah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan ... -
PENERAPAN METODE MUHADASAH UNTUK KELAS VIII DI SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode muhadsah dalam pembelajaran Bahasa arab dalam meningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab santri pondok pesantren Baitussalam prambanan . Penelitian ... -
PENERAPAN PERMAINAN CUE CARD DALAM MENINGKATKAN BERBICARA BAHASA ARAB (STUDI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-03-06)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap efektifitas permainan cue card dalam pembelajaran bahasa arab antara kelas eksperimen (kelas yang digunakan untuk menguji efektifitas permainan ... -
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/ 2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-11)Dalam skripsi ini dibahas tentang pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru bahasa Arab terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk ...